Ada Ledakan di Daerah Pencarian Kapal Selam Argentina

id kapal selam argentina, ada suara ledakan, enrique balbi, juru bicara al argentina

Kapal selam (Foto : Ilustrasi/Net)

...Kami terus mencari kapal selam tersebut dan 44 anggota awaknya. Setakat ini, tak ada kepastian atau bukti, pencarian akan dilanjutkan," kata Balbi...
Buenos Aires, Argentina (ANTARA/Xinhua-OANA) - Angkatan Laut Argentina pada Kamis (23/11) mengkonfirmasi bahwa adanya "peristiwa non-nuklir tunggal, tidak normal, singkat dan keras" yang sejalan dengan ledakan di tempat kapal selamnya hilang.

Peristiwa tersebut telah dikonfirmasi oleh dua sumber --AS dan lembaga pemantau uji-coba nuklir di Austria, yang memiliki jaringan stasiun seismik "hydroacoustic", kata Enrique Balbi, Juru Bicara bagi Angkatan Laut Argentina (ARA), kepada wartawan di Buenos Aires, Argentina.

Kapal selam ARA San Juan hilang di Atlantik Selatan pada 15 November dengan 44 anggota awak. Kapal selam tersebut mulanya dijadwalkan tiba pada Senin di Pangkalan Angkatan Laut Mar del Plata, sekitar 400 kilometer di sebelah tenggara Buenos Aires.

Menurut Balbi, peristiwa itu "sejalan dengan ledakan" dan terjadi di daerah tempat kontak dengan kapal selam tersebut hilang, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi.

Posisi terakhir ARA San Juan yang diketahui ialah di Daerah Teluk San Jorge, 432 kilometer di sebelah tenggara Semenanjung Valdes, di Atlatik Selatan.

Kapal selam itu kehilangan kontak pada pukul 07.30 waktu setempat pada 15 November dan ledakan terdeteksi pada pukul 10.31 pada hari yang sama.

Balbi mengatakan, "Kami terus mencari kapal selam tersebut dan 44 anggota awaknya. Setakat ini, tak ada kepastian atau bukti, pencarian akan dilanjutkan."

Ia juga mengumumkan setiap desas-desus bahwa kapal selam tersebut telah diserang, dan mengatakan tak ada bukti mengenai terjadinya serangan.
(ANTARA)
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar