Relawan Tagana Berikan Pelatihan Hadapi Bencana

id tim tagana, lampung timur

Relawan Tagana Berikan Pelatihan Hadapi Bencana

Petugas kepolisian sedang mengamati rumah-rumah warga di Lampung Timur yang rusak akibat dihempas angin puting beliung. (Foto: Antaralampung.com/Muklasin)

...Jika terjadi angin puting beliung cara menghadapinya pertama cari tempat yang aman, jangan diam di dekat pohon-pohon besar dan sebaiknya tiarap di tempat yang rendah, lindungi kepala dan leher dengan tangan, kata Eddy...
Lampung Timur (ANTARA LAMPUNG) - Relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lampung Timur memberikan pelatihan tentang tata cara menghadapi bencana menyusul puting beliung yang melanda tiga desa di Kecamatan Way Jepara, dan merusak 492 rumah.

"Jika terjadi angin puting beliung cara menghadapinya pertama cari tempat yang aman, jangan diam di dekat pohon-pohon besar dan sebaiknya tiarap di tempat yang rendah, lindungi kepala dan leher dengan tangan," kata Eddy Siswanto, ketua Relawan Tagana Lampung Timur di Lampung Timur, Kamis.

Kemudian, lanjutnya, tidak berlindung di bawah jembatan karena bisa runtuh jika anginnya besar dan tidak mengendarai kendaraan saat menghindari angin puting beliung.

"Waspadai benda-benda yang berterbangan tersapu angin, " katanya.

Selanjutnya, cari tempat perlindungan yang aman. Apabila di dalam rumah atau bangunan menjauh dari jendela dan pintu.

"Jika di dalam mobil segera mengevakuasi diri dan cari tempat perlindungan yang aman," tambahnya.

(ANTARA )