Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan JTTS Lampung

id jalan tol trans sumatera, sekdaprov lampung, sutono

Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan JTTS Lampung

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono (Humas Provinsi Lampung)

...Peresmian dijadwalkan 15 Desember 2017 menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018, kata Sutono...
Bandarlampung  (ANTARA LAMPUNG) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), Provinsi Lampung, pada 15 Desember 2017.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono, di Bandarlampung, Jumat (10/11), mengatakan JTTS yang akan diresmikan itu, yakni ruas kilometer 0,00 hingga kilometer 8,9 dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, hingga Sidomulyo, Lampung Selatan.

Kemudian, ruas kilometer 72,0 hingga kilometer 80,0 di sekitar Institut Teknologi Sumatera (Itera) Kotabaru, Jati Agung, Lampung Selatan.

"Peresmian dijadwalkan 15 Desember 2017 menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018," katanya.

Menurutnya, pemakai jalan tol digratiskan selama dua bulan. Pemerintah memberi kesempatan kepada masyarakat mencoba jalan tol tersebut secara gratis selama dua bulan.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Zainal Abidin, mengatakan ruas jalan tol Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 38 km dapat dilalui pengendara saat keluar dari Dermaga 6.

"Jika keluar dari areal pelabuhan, ada dua petunjuk jalan. Satu ke jalan yang ada sekarang, jalur yang kedua masuk jalan tol," katanya.

Pengendara yang memilih lewat jalan tol, lanjutnya, akan keluar di tol exit Sidomulyo. Kemudian dari Bakauheni hingga Sidomulyo ada tiga pintu tol yakni di km 9 Bakauheni, km 23 Kalianda, dan km 38 Sidomulyo.

"Hingga kini tol yang siap operasi tembus hingga 23 km pintu tol Kalianda," kata Zainal.

Sebelumnya, pada Kamis (9/10) digelar rapat dipimpin tiga menteri yakni Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofjan Djalil.

Rapat juga dihadiri Sutono Bupati Mesuji Khamami, Assiten I Sekdakab Tulangbawang Barat Agus Subagyo, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Lampung Budhi Darmawan, dan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Zainal Abidin.

Rapat sepakat target pembangunan JTTS Lampung ruas Bakauheni-Pematang Panggang Mesuji, beroperasi Juni 2018 untuk mendukung Asian Games yang berlangsung mulai 18 Agustus 2018. Penyelesaian ganti rugi lahan ditargetkan rampung November 2017.


(ANTARA)