Gubernur Menerima Penghargaan Peduli Perguruan Swasta

id sutono dan penghargaan, sekdaprov lampung, dutono, perguruan swasta

Gubernur Menerima Penghargaan Peduli Perguruan Swasta

Ketua Umum BMPS Pusat, Soeparwanto (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo diwakili Sekretaris Provinsi Lampung Sutono, di Bandar Lampung, Selasa (7/11) malam. (FOTO: Humas Pemprov Lampung)

...Gubernur Ridho meyakini untuk mencerdaskan bangsa dan menyejahterakan masyarakat Lampung ada beberapa hal yang menjadi prioritas. Salah satunya pada bidang pendidikan," kata Sutono...
Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menerima penghargaan sebagai kepala daerah peduli perguruan swasta dari Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Provinsi Lampung.

"Gubernur Ridho meyakini untuk mencerdaskan bangsa dan menyejahterakan masyarakat Lampung ada beberapa hal yang menjadi prioritas. Salah satunya pada bidang pendidikan," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono, di Bandarlampung, Rabu (8/11).

Pemerintah Provinsi Lampung, lanjutnya, pada 2016 mengalokasikan anggaran pendidikan 26,73 persen dan tahun ini naik menjadi 37 persen.

Selain itu, lanjutnya, Gubernur Ridho juga konsen terhadap bidang kesehatan. Alokasi anggaran kesehatan mencapai 11,03 persen, sedangkan kewajiban pemerintah hanya 10 perswen.

"Kami menginginkan generasi Lampung cerdas dan sehat jasmani, dan punya kepekaan sosial yang tinggi. Kita tidak menginginkan generasi muda yang dekat dengan narkoba dan minuman keras," ujarnya.

Sutono mengatakan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antarakeluarga, masyarakat, dan pemerintah.

"Peran serta masyarakat dalam hal ini perguruan swasta yang terhimpun dalam BMPS sangat dibutuhkan untuk memajukan pendidikan di Indonesia khususnya di Lampung. Keberadaan dan peran serta perguruan swasta, tentunya dapat membantu meringankan beban pemerintah dalam memajukan pendidikan berkualitas," katanya.

Ia mengajak penyelenggara pendidikan swasta, pendidik, dan tenaga kependidikan yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam proses penyelenggaraan pendidikan nasional.

"Terus berjuang dan membangun manusia Indonesia yang bermutu sebagai perwujudan dalam mengemban amanat UUD 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa," ujar Sutono.

Ketua Umum BMPS Pusat, Soeparwanto, mengatakan BMPS adalah wadah asosiasi perguruan swasta sebagai mitra pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa.

"BMPS mendampingi pemerintah dalam mencerdaskan bangsa. Kami melihat di Lampung ini ada banyak kemajuan pendidikan swasta berkat perhatian dan bantuan Pemprov Lampung," ujarnya.

Selain Lampung, penganugerahan penghargaan juga diberikan kepada Gubernur Jawa Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Barat atas dedikasi sebagai kepala daerah yang memiliki kepedulian membina dan mengembangkan perguruan swasta serta terhadap BMPS.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada Bupati Bogor Jawa Barat, Bupati Karawang Jawa Barat, Bupati Sukabumi Jawa Barat, Bupati Pesawaran Lampung, Bupati Tana Toraja Sulawesi Selatan, Bupati Toraja Utara Sulawesi Selatan, Wali Kota Metro Lampung, dan Wali Kota Palembang Sumatera Selatan.

(ANTARA)