Sketsa 3D Mural Meriahkan Festival Way Kambas

id festival way kambas, lampung timur

Sketsa 3D Mural salah satu rangkaian acara yang akan di gelar pada festival Way Kambas tahun 2017 (FOTO: Panitia Festival)

...Peserta yang sudah mendaftar 30 kelompok, setiap kelompok terdiri dari tiga dan lima pelukis mural, kata Ardi...
Lampung Timur - (ANTARA LAMPUNG) - Acara Sketsa 3D Mural atau melukis di atas dinding atau tembok, satu dari sekian banyak rangkaian acara Festival Way Kambas yang akan digelar pada 11-13 November 2017 di Pusat Konservasi Gajah, Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur, Provinsi Lampung yang diikuti 30 kelompok pelukis mural.

"Peserta yang sudah mendaftar 30 kelompok, setiap kelompok terdiri dari tiga dan lima pelukis mural," kata  Panitia Pelaksana Acara Sketsa Mural Festival Way Kambas, Ardi Subarkah, mewakili Koordinator lomba sketsa mural Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Timur, Drs. Mulyanda di Lampung Timur, Rabu (8/11).

Menurut Ardi yang juga menjabat Kasubag Umum dan Kepegawaian di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemkab Lampung Timur ini, 30 kelompok pelukis mural itu terdiri dari unsur pelajar SMA/SMK, masyarakat umum, komunitas warga dan para seniman, pesertanya berasal tidak hanya dari Kabupaten Lampung Timur namun dari luar Provinsi Lampung seperti dari Kota Tanggerang, Banten.

Dia mengungkapkan acara sketsa mural Way Kambas akan dilangsungkan di hari kedua Festival Way Kambas atau Minggu (12/11). Tema gambar adalah bebas sesuai imajinasi peserta. Peserta diberi ruang 2X3 meter di atas tembok untuk menggambar.

"Kita tidak wajibkan temanya seperti menggambar gajah Way Kambas. Tahun ini kita bebaskan sesuai imajinasi dan kreativitas peserta karena kita ingin peserta menyalurkan semua kreativitasnya, asal tidak mengandung unsur SARA dan pornografi," ujar Ardi Subarkah.

Untuk kriteria penilaian, menurut dia, panitia menilai dari keaslian karya, teknik warna dan estetika mural. Bagi pemenang juara 1, 2 dan 3 akan mendapatkan penghargaan berupa piala, piagam dan uang pembinaan.

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur kembali menggelar Festival Way Kambas selama tiga hari, 11-13 November 2017. Sebelumnya tahun 2016, Pemkab Lampung Timur telah sukses menggelar festival serupa.

Kasubag Humas Pemkab Lampung Timur Erdy Yuliandi merincikan rangkaian acara yang disiapkan pada festival tahunan Pemkab Lampung Timur itu adalah Sabtu (11/11) hari pertama pelaksanaan Festival Way Kambas adalah Jejak Petualang Way Kambas,  Agro Expo Forest Photography, Pawai Budaya, Jalan-jalan 4 x 4, Fashion Show dan terakhir "opening ceremony" atau pembukaan acara yang rencananya dihadiri sejumlah menteri kabinet Presiden Jokowi.

Hari kedua, Minggu (12/11) rangkaian acaranya adalah Way Kambas 10K, Way Kambas Adventure Trail, Lomba Kreasi Souvenir, Fun Bike dan xc/MTB, Sketsa mural Way Kambas dan Moccaf Colour Fun.

"Hari terakhir Senin (13/11) Parade Motor Antik, Tari Bedana Massal, Pagelaran Musik, Way Kambas Idol, Festival Buah Nusantara, Festival Kuliner  sekaligus penutupan acara Festifal Way Kambas, " katanya.
 (ANTARA)
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar