Jelang Festival Way Kambas Jalan Diperbaiki

id perbaikan jalan tnwk

Jelang Festival Way Kambas Jalan Diperbaiki

Ruas jalan di TNWK menuju Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang sedang diperbaiki, Selasa (7/11) (foto Antaralampung/Muklasin)

...Diharapkan jalan ini sudah selesai dikerjakan, sehingga pengunjung tidak mengalami kesulitan saat menuju ke Way Kambas, kata Arifin...
Lampung Timur  (ANTARA LAMPUNG) - Menjelang pelaksanaan Festival Way Kambas pada 11-13 November 2017 ini terus dilakukan persiapan terutama memperbaiki ruas jalan menuju Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Kepala Seksi Wilayah I TNWK Arifin Nur SH, di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Way Kambas, Selasa, mengatakan Pemprov Lampung dan Pemkab Lampung Timur terus mematangkan persiapan gelar Festival Way Kambas di antaranya dengan memperbaiki ruas jalan menuju PKG TNWK tempat berlangsung festival tersebut.

Menurut dia, Dinas PU Provinsi Lampung tengah memperbaiki ruas jalan dari pintu masuk Plang Ijo ke PKG. Ruas jalan yang tadinya berlubang di tengah, sisi kiri, dan kanan jalan ditambal sulam dan diaspal agar nyaman untuk dilewati.

"Diharapkan jalan ini sudah selesai dikerjakan, sehingga pengunjung tidak mengalami kesulitan saat menuju ke Way Kambas," kata Arifin.

Arifin juga mengungkapkan pengunjung selama pelaksaanaan Festival Way Kambas tetap akan dikenakan tarif masuk sesuai PP Nomor 12 Tahun 2014 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB). "Untuk kendaraan sepeda motor Rp5.000, mobil Rp10.000, dan bus Rp50.000," katanya pula.

Sedangkan tarif pengunjung per orang Rp5 ribu untuk hari biasa, sedangkan hari libur Rp7.500, plus asuransi Rp2 ribu.

Persiapan yang tengah dilaksanakan selanjutnya untuk menyambut Festival Way Kambas itu, Dinas Perhubungan Lampung Timur mempersiapkan areal parkir kendaraan pengunjung.

"Areal parkir untuk kendaraan bermotor dan mobil kami juga tengah persiapkan lokasinya semua di PKG, sekitar 3.000 kendaraan motor dan 3.000 mobil siap ditampung di lokasi parkir ini," kata Ibnu Santoso, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Lampung Timur.

Mengenai besaran tarif parkir kendaraan dia menyatakan belum ditentukan. "Belum kami tentukan besaran tarif parkirnya karena kami masih persiapkan lahan parkirnya," ujarnya pula.

Pada lokasi digelar Festival Way Kambas di PKG ini, jalan sepanjang sembilan kilometer yang rusak memang tengah diperbaiki.

Sedangkan di dalam areal PKG, beberapa fasilitas seperti gajebo atau tempat singgah dibuat dan sudah siap digunakan. Beberapa bangunan fasilitas umum juga mulai dicat kembali.

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur kembali menggelar Festival Way Kambas selama tiga hari, 11-13 November 2017. Sebelumnya tahun 2016, Pemkab Lampung Timur telah sukses menggelar Festival Way Kambas.

Rangkaian kegiatan disiapkan pada festival tahunan Pemkab Lampung Timur itu, di antaranya pawai budaya, jejak petualang, Way Kambas agro expo, forest fotografi festival, jalan-jalan 4x4, dan fashion show.

Selanjutnya, lomba kreasi suvenir, Way Kambas 10K, fun bike dan XC/MTB, sketsa Way Kambas, moccaf colour fun serta Way Kambas adventure trail. Kemudian gelaran kolosal bedana, pagelaran musik, Way Kambas Idol, festival buah nusantara, parade motor antik, dan festival kuliner. 

(ANTARA)