Pemprov Lampung Buka Portal Layanan Produk Hukum

id karo humas pemprov lampung, bayana

Pemprov Lampung Buka Portal Layanan Produk Hukum

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemrov Lampung Bayana (Foto: lampungprov.go.id)

...Portal ini dapat diakses seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, kata Bayana...
Bandarlampung  (ANTARA LAMPUNG) - Pemerintah Provinsi Lampung menyediakan portal layanan konsultasi online pembentukan produk hukum daerah untuk proses penyusunan peraturan daerah dan peraturan gubernur.

"Portal ini dapat diakses seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. Kemudian, dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk mempercepat proses penyusunan perda dan peraturan gubernur," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung Bayana, di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan, portal itu sesuai Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, Nomor 188/568/02/2017 tanggal 27 Oktober 2017, disampaikan bahwa alamat portal yakni http://phd.lampungprov.go.id.

Menurutnya, portal ini berisi proses penyusunan peraturan mulai dari pembentukan perda dan peraturan gubernur.

Proses tersebut melalui tahapan perencanaan, penyusunan, pembahasan, penetapan, dan pengundangan.

Menurut Bayana pemerintah daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah dan tugas pembantuan, memiliki wewenang untuk membuat perda dan peraturan kepala daerah (perkada) berupa peraturan gubernur.

Hal tersebut, lanjutnya, sesuai Undang Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Perundang undangan, UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 Produk Hukum Daerah.

"Website ini dikelola Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Lampung sebagai koordinator pembentukan produk hukum daerah," tambah Bayana.
(ANTARA)