Polusi Udara Sebabkan 10 Juta Kasus Penyakit Ginjal Per Tahun

id Udara, pencemaran, kasus ginjal

Polusi Udara Sebabkan 10 Juta Kasus Penyakit Ginjal Per Tahun

Pencemaran udara di Jalinsum Bandarlampung makin parah, karena truk yang mengepulkan asap tebal tetap banyak melintasi. Sehubungan itu, pemda dan aparat terkait diharapkan segera melarang truk seperti itu beroperasi. (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang

Los Angeles  (Antara/Xinhua-OANA) - Jumlah penyakit ginjal kronis global (CKD) yang disebabkan oleh polusi udara telah mencapai lebih dari 10 juta setiap tahun, demikian hasil satu studi baru.
       
Studi itu disampaikan oleh American Society of Nephrology Kidney Week 2007 pada 31 Oktober-5 November di New Orleans, Louisiana.
        
Para peneliti dari Clinical Epidemiology Center di Virginia Saint Louis Health Care System sebelumnya menggambarkan hubungan antara peningkatan gangguan "fine particulate" dan resiko perkembangan CKD, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad. Namun, belakangan para penyelidik menggunakan studi metodologi Global Burden of Disease dalam penelitian terakhir untuk memperkirakan beban yang mungkin ditimbulkan oleh polusi udara pada CKD.
        
Hasil dari studi tersebut menunjukkan beban sangat beragam berdasarkan geografi, dan nilai yang lebih tinggi terlihat di Amerika Tengah serta Asia Selatan.
        
"Polusi udara mungkin setidaknya menjelaskan peningkatan dalam peristiwa CKD dengan asal yang tak diketahui di banyak wilayah di seluruh dunia. Dan kenaikan pada Mesoamerican nephropathy di Meksiko dan Amerika Tengah," kata pemimpin peneliti Benjamin Bowe sebagaimana dikutip di dalam satu siaran pers.


ANTARA/Xinhua-OANA
Chaidar