Wapres Sampaikan Pentingnya Keamanan Pangan

id wapres jk buka eat asia pasific

Wapres Sampaikan Pentingnya Keamanan Pangan

Wapres Jusuf Kalla membuka acara EAT Asia Pacific Food Forum di Hotel Shangri-la Jakarta, Senin (30/10) ( Setwapres/HR02)

...Tanpa food security, sustainability dan quality yang baik, negara akan menghadapi masalah kata Wapres...
Jakarta (ANTARA LAMPUNG) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pentingnya keamanan, kerbelanjutan dan kualitas pangan bagi sebuah negara.

"Tanpa food security, sustainability dan quality yang baik, negara akan menghadapi masalah" kata Wapres saat membuka acara EAT Asia Pacific Food Forum di Jakarta, Senin (30/10), demikian dikutip dari laman Wakil Presiden.

Wapres mengatakan bahwa permasalahan pangan dapat menjadi permasalahan politik apabila tidak diatasi dengan baik.

Selain itu, Wapres mengatakan masalah pangan merupakan permasalahan bersama yang harus diatasi melalui kerja sama dengan berbagai pihak.

Wapres menyampaikan bahwa setiap tahun terjadi konversi lahan pertanian sebesar kurang lebih 1,5 persen, sedangkan penduduk juga bertambah sekitar 1,5 persen. Sehingga untuk menjamin pangan yang berkelanjutan di Indonesia setidaknya perlu ada peningkatan produktivitas di atas 3 persen pertahun.

Untuk itu, perlu mendorong produktvitas antara lain melalui inovasi teknologi, perbaikan manajemen tanah, manajemen air, serta penggunaan pupuk.

Wapres dalam kesempatan tersebut juga menyoroti pola makan yang tidak berkelanjutan. Di beberapa tempat di dunia, orang kadang menyediakan makan secara berlebihan, sedangkan tidak semua dimakan dan banyak yang dibuang. "Pola seperti itu harus dirubah," kata Wapres.

Lebih lanjut, Wapres mengatakan keamanan pangan, pangan yang berkelanjutan dan kualitas pangan adalah untuk meningkatkan kualitas manusia yang yang lebih baik.

"Harapannya adalah menghasilkan kehidupan manusia yang panjang sesuai dengan target SDGs (Sustainable Development Goals) yaitu no hunger, no poverty at all kata Wapres.

(ANTARA)