Korban Banjir Di Kelumbayan Tanggamus Dapat Bantuan

id relawan mustafa bantu korban banjir

Korban Banjir Di Kelumbayan Tanggamus Dapat Bantuan

Relawan Mustafa memberikan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Klumbayan, Tanggamus (FOTO: Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Bantuan diberikan berupa kebutuhan sembako dan pakaian...
Tanggamus, Lampung  (ANTARA LAMPUNG) - Korban bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, termasuk bantuan dari Relawan Mustafa yang telah menyalurkannya bagi warga pada tiga kecamatan setempat.

Atas berbagai bantuan tersebut, masyarakat mengucapkan terima kasih dengan adanya kepedulian yang ditunjukkan termasuk dari para Relawan Mustafa. "Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Relawan Mustafa. Kami sangat terbantu, mudah-mudahan bisa terus berperan di tengah masyarakat," ujar Rizal, salah satu warga Kelumbayan, Minggu.

Bantuan itu telah diserahkan oleh Ketua Relawan Mustafa, Miswan Rodi kepada salah satu perwakilan tokoh masyarakat setempat pada Sabtu (28/10).

Menurut Miswan, bantuan diberikan berupa kebutuhan sembako dan pakaian.

Dia berharap bantuan tersebut bisa meringankan beban masyarakat, khususnya para korban banjir.

"Begitu terjadi bencana, kami mendapatkan telepon bahwa Relawan Mustafa di Kecamatan Kelumbayan mengalami bencana banjir. Karenanya kami sigap, langsung mengirimkan bantuan ke lokasi. Mudah-mudahan bisa sedikit meringankan beban mereka," ujarnya pula.

Kedatangan rombongan relawan, kata dia, juga untuk meninjau kondisi masyarakat pascabanjir. "Selain menyalurkan bantuan, di sini kami ingin melihat keadaan masyarakat, apakah yang mereka butuhkan, selanjutnya akan kami diskusikan untuk menentukan langkah terbaik selanjutnya," kata Miswan.

Ketua DPW Partai NasDem Lampung Dr Ir Mustafa menuturkan bencana di Kelumbayan, Tanggamus adalah musibah bersama, sehingga perlu ditopang bersama-sama. "Musibah mereka adalah musibah kita juga. Mudah-mudahan yang kami berikan bisa meringankan para korban," kata Mustafa yang juga Bupati Lampung Tengah dan menjadi salah satu kandidat gubernur Lampung itu pula.

Ratusan rumah milik warga Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus diterjang banjir bandang yang terjadi pada Rabu (25/10), malam. Tidak hanya merusak permukiman dan fasilitas umum, banjir juga menyebabkan akses terputus karena tanah longsor dan kerusakan jembatan.

Sedikitnya terdapat tiga desa yang dilanda banjir bandang, yakni Pekon Napal, Pekon Sinar Harapan, dan Pekon Sinar Maju, Kecamatan Kelumbayan.

Arus banjir juga telah menyebabkan jembatan yang merupakan akses menuju lokasi dari arah Kecamatan Cukuhbalak terputus. Selain itu, sekitar seratus meter dari batas Pekon Napal, material longsoran telah memenuhi badan jalan.

(ANTARA)