Pesawat Canggih Koalisi Arab Saudi Ditembak Jatuh

id Arab Saudi, perang Yaman dan Arab Saudi

San'a, Yaman (Antara/Xinhua-OANA) - Gerilyawan Syiah Al-Houthi mengatakan mereka menembak-jatuh satu jet tempur Typhoon milik koalisi militer pimpinan Arab Saudi di sebelah timur-laut Ibu Kota Yaman, Sana'a, Jumat malam (27/10).


"Pertahanan udara militer dan pasukan rakyat (petempur Al-Houthi) menembak-jatuh satu pesawat tempur Typhoon milik koalisi pimpinan Arab Saudi hari ini (Jumat) dengan rudal permukaan-ke-udara di Kabupaten Nehm di sebelah timur-laut Sana'a," kata pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita yang dikuasai Al-Houthi, Saba, dengan mengutip pejabat miiter milisi Syiah tersebut.


Nehm berada sekitar 60 kilometer di sebelah timur-laut Sana'a, tempat pertempuran berkecamuk setiap hari antara petempur Al-Houthi --yang menguasai Ibu Kota Yaman-- dan pasukan pemerintah yang diakui masyarakat internasional dan didukung oleh pesawat tempur koalisi pimpinan Arab Saudi.


Belum ada komentar dari koalisi pimpinan Arab Saudi mengenai pernyataan Al-Houthi tersebut.


Namun jika benar, jet tempur itu akan menjadi pesawat kedua yang ditembak-jatuh oleh gerilyawan Yaman dalam waktu kurang dari satu bulan, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu siang.

Antara/Reuters
Chaidar