Lebih 32 Ribu Kasus Kanker Baru di Norwegia

id Kanker, penyakit. Norwegia

Gejala kanker serviks (kankerservik.com)

Oslo, Norwegia (Antara/Xinhua-OANA) - Pada 2016, 32.827 kasus baru kanker dicatat di Norwegia, kata surat kabar Aftenposten pada Selasa (24/10).


Di antara pasien itu, 54 persen adalah penduduk pria. Menurut laporan tersebut, satu penjelasan bagi bertambahnya jumlah pasien pria ialah kanker prostat adalah bentuk umum kanker dan makin banyak lelaki terserang kanker paru-paru.


Kanker prostat berjumlah 29 persen dari semua kasus kanker di kalangan pasien lelaki, sehingga penyakit tersebut menjadi bentuk paling umum kanker di kalangan pria, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi. Kasus itu diikuti oleh kanker paru-paru, kanker usus besar dan kanker kandung kemih serta saluran urin.


Sebaliknya, jumlah kasus kanker sekarang meningkat di kalangan perempuan dari 2012 sampai 2016; terjadi peningkatan tahunan sebanyak 1,2 persen bagi lelaki dan 4,5 persen bagi perempuan dalam kasus baru kanker dan per 100.000 warga, kata Aftenposten.


Laporan tersebut memperlihatkan 36 persen dari semua lelaki dan 30 persen dari semua perempuan akan terserang satu penyakit kanker sebelum mereka berusia 75 tahun.


Dalam dua tahun belakangan, peningkatan terbesar telah dicatat pada bentuk kanker tiroid, yang tidak umum.


Di antara bentuk kanker yang lebih umum, ada peningkatan paling banyak pada kasus kanker kulit dan tahi lalat, karena kebiasaan berjemur dan tak cukupnya perlindungan diri di kalangan orang Norwegia, kata Aftenposten.

ANTARA/XINHUA
Chaidar
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar