Mustafa: Lampung Tengah Jadi Contoh Kebhinekaan

id lampung tengah contoh kebhinekaan, mustafa, bupati lampung tengah, kampung bangun siswo

Mustafa: Lampung Tengah Jadi Contoh Kebhinekaan

Bupati Lampung Tengah Mustafa sempat "mendalang" saat peringatan HUT ke-58 Kampung Siswo Bangun, Kecamatan Seputibanyak, Selasa (24/10) (Foto: Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Kebudayaan bukan sekedar seni dalam sebuah peradaban, tapi juga menjadi alat pemersatu bangsa," kata Mustafa...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Banyaknya suku, budaya dan agama yang hidup dan berkembang di Lampung Tengah, harus menjadikan daerah ini sebagai contoh keberagaman dan kebhinekaan, kata Bupati Lampung Tengah Mustafa.

"Berbagai suku, budaya dan agama di Lampung Tengah hidup secara damai, inilah contoh yang baik dalam keberagaman dan kebhinekaan," kata Bupati dalam acara pagelaran wayang kulit memperingati ulang tahun ke-58 Kampung Siswo Bangun Kecamatan Seputihbanyak, Lampung Tengah, Selasa ( 24/10) .

Wayang kulit yang digelar di lapangan Kampung Siswo Bangun, didalangi oleh Ki Dalang Wiritno, dan dihadiri ustadz kondang Kirun.

Bupati mengatakan, dengan kultur masyarakat Lampung Tengah yang heterogen, pihaknya membuka akses seluas-luasnya bagi masyarakat dari berbagai suku, agama dan budaya untuk melestarikan budaya yang dimilikinya.

Ia berharap keberagaman budaya tidak menjadi alasan masyarakat untuk terpecah belah, sebaliknya harus menjadi kekuatan dan kekayaan khasanah budaya bangsa. Lewat kesenian, Bupati mengajak warga untuk solid dalam membangun daerah.

"Kebudayaan bukan sekedar seni dalam sebuah peradaban, tapi juga menjadi alat pemersatu bangsa. Saya harap Lampung Tengah bisa menjadi contoh kerukunan suku, budaya dan agama di Indonesia. Saya harap warga juga semakin solid dan kompak," katanya.

Sudah seharusnya masyarakat lebih mencintai budaya wayang daripada budaya-budaya asing yang menyerbu bangsa Indonesia. Bahkan orang luar negeri bisa begitu kagum dan bangga dengan budaya Indonesia, termasuk wayang.

"Jangan sampai malah kita sendiri yang jadi lebih kagum dengan budaya luar yang lebih modern. Kita punya wayang sebagai kekuatan bangsa, dan kita harus bangga akan budaya yang kita miliki," ujarnya.



Pada kesempatan itu, Mustafa juga menghibur masyarakat dengan memainkan wayang dengan lakon Gatot Kaca. Dengan berbahasa Jawa yang terbata-bata, ia memaparkan program pemerintah yang tengah dan akan di jalankan semasa kepemimpinanya.

Beberapa program tersebut seperti ronda, kampung entrepreneur creative, program "one zone one product", pembangunan infrastruktur publik, program wajib baca Al-Quran untuk siswa, dan program unggulan lainnya.

"Saya harap masyarakat bisa bersinergi dan mendukung semua program yang tengah kita jalankan. Tanpa dukungan masyarakat, program pemerintah tidak akan bisa berjalan maksimal. Mari sama-sama kita wujudkan Lampung Tengah yang lebih baik," tambahnya. (ANTARA)