Waykanan Dukung Pemprov Wujudkan Lampung Lumbung Ternak

id lampung lumbung ternak, waykanan genjot upsus siwab, maulana muhidan, kepala dinas tphp waykanan

Waykanan Dukung Pemprov Wujudkan Lampung Lumbung Ternak

Salah satu sentra ternak sapi di Kabupaten Waykanan (Foto Antaralampung.com/Emir FS)

...Kita harapkan percepatan populasi ini sangat membantu Provinsi Lampung untuk menjadi lumbung ternak dan menjadi salah satu provinsi yang menyuplai kebutuhan daging di Indonesia," katanya...
Waykanan (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Waykanan melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perternakan menyatakan siap mendukung Pemprov Lampung untuk mewujudkan  Lampung sebagai  lumbung ternak.

Upaya yang dilakukan saat ini ialah terus menggenjot target pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri dan peluncuram program upaya khusus percepatan populasi sapi dan kerbau bunting (Upsus Siwab), kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perternakan Waykanan, Maulana Muhidan di Blambanganumpu, ibukota Waykanan, Senin.

"Kita harapkan percepatan populasi ini sangat membantu Provinsi Lampung untuk menjadi lumbung ternak dan menjadi salah satu provinsi yang menyuplai kebutuhan daging di Indonesia," katanya.

Upaya ini juga sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mengejar swasembada sapi yang ditargetkan Presiden Joko Widodo tercapai pada 2026  serta mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam pemenuhan pangan asal hewan, dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan peternak rakyat.

Maulana menjelaskan, Upsus Siwab akan memaksimalkan potensi sapi indukan di dalam negeri untuk dapat terus menghasilkan pedet (anak sapi).

Program ini juga menjadi fokus Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan pada  2017, dan Kabupaten Waykanan wajib mendukung program tersebut.

Ia menjelaskan, dari rekapitulasi IB, pemeriksaan kebuntingan dan Upsus Siwab Kabupaten Waykanan sampai dengan Oktober 2017, Inseminasi Buatan (IB) berjumlah 7.005 ekor , PKB 3.453 ekor dan kelahiran mencapai 1.041 ekor.

"Upaya meningkatkan populasi sapi adalah dengan cara IB. Di Waykanan kelahiran pedet melalui IB mencapai seribu lebih. Kami harap pada tahun 2017–2021 bisa mencapai 15 ribu," jelasnya.

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya memberikan apresiasi atas capaian Dinas TPHP  dalam mengupayakan Upsus Siwab sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal, diharapkan  hasil itu akan meningkat pada tahun-tahun berikutnya.

Untuk meningkatkan produksi dengan IB, tahun ini Waykanan mendapatkan target sebanyak 8.787  ekor pada sapi.  Jika target tersebut bisa dicapai maka pada akhir 2017 ini akan ada penambahan  populasi ternak sapi di kabupaten ini minimal 8.400 ekor atau sekitar 95 persen dari jumlah induk. (ANTARA)