BNI: Saldo Nasabah Terpotong Segera Dikembalikan

id saldo terpotong rp1.000, kiryanto, sekretaris perusahaan bni,

BNI: Saldo Nasabah Terpotong Segera Dikembalikan

Kantor BNI (Foto : Net)

...Sekiranya proses maintenance telah membuat kenyamanan nasabah terganggu, secara terbuka BNI menyampaikan permohonan maaf," katanya...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Saldo nasabah BNI yang terpotong Rp1.000 akibat adanya proses pemeliharaan (maintenance)sistem akan secepatnya dikembalikan, kata Sekretaris Perusahaan PT Bank Negara Indonesia, Kiryanto.

"Sekiranya proses maintenance telah membuat kenyamanan nasabah terganggu, secara terbuka BNI menyampaikan permohonan maaf," katanya saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Kiryanto menjelaskan kronologi penyebab saldo beberapa nasabah yang terpotong Rp1.000 pada Jumat ini. BNI beberapa hari ini sedang mengubah ketentuan (setting) parameter untuk produk tabungan baru, Tapenas SiMuda. Produk tabungan ini dikenakan biaya (fee) sebesar Rp1.000.

Namun, perubahan parameter biaya tersebut, kata dia, ternyata berdampak juga pada produk tabungan lainnya, di luar Tapenas SiMuda. Karena itu saat ini BNI sedang mengembalikan saldo Rp1.000 milik nasabah yang tidak seharusnya dikenakan biaya.

"Kami berupaya keras proses 'reverse' (pengembalian) atas biaya yang terdebet dapat diselesaikan secepatnya," ujarnya. Kiryanto menjamin tidak akan ada kerugian finansial bagi nasabah akibat kejadian ini.

Dia juga menegaskan tidak ada serangan peretasan terhadap sistem Teknologi dan Informasi BNI. Pemotongan saldo Rp1.000 tersebut karena dampak dari upaya pengaturan sistem.

Sebelumnya, kabar pemotongan saldo Rp1.000 di sejumlah rekening nasabah BNI ini bermula dari salah seorang nasabah BNI yang menuliskan status di media sosial Facebook tentang berkurangnya saldo di rekening miliknya tanpa keterangan yang jelas.     

Status tersebut kemudian viral di media sosial dan menimbulkan dugaan adanya serangan peretas. (ANTARA)