Menteri PPN Dorong Pemda Fokus Atasi Kemiskinan

id bambang brojonegroro, menteri ppn/kepala bappenas/ seminar isei

Menteri PPN Dorong Pemda Fokus Atasi Kemiskinan

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro membeikan pengarahan kepada peserta Seminar Nasional dan Sidang Pleno ISEI ke XIX di Ballroom Swissbell Hotel, Bandar Lampung, Lampung, Jum’at (20/10). (FOTO : ANTARA

...Saya mendorong pengusaha besar untuk menggandeng UMKM dan petani, agar dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah," ujarnya...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro minta pemerintah daerah untuk lebih memprioritaskan dan fokus untuk mengatasi kemiskinan.

"Saya menekankan pemerintah daerah untuk berupaya mengurangi kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran," kata Menteri usai memberikan pengarahan kepada Bappeda se-Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Jumat.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya mendorong pemerintah daerah untuk membuat kebijakan jangka pendek agar tak ada ketimpangan atau kesenjangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah baik pusat maupun daerah harus fokus untuk menanggulangi kemiskinan yang saat ini mencapai 40 persen masyarakat berpendapatan rendah.

"Saya mendorong pengusaha besar untuk menggandeng UMKM dan petani, agar dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah," ujarnya.

Di sisi lain, pihaknya juga meminta pemerintah daerah untuk memprioritaskan sektor unggulan seperti pertanian dan perkebunan untuk meningkatkan pendapatan daerah.

"Harus ada prioritas terutama pada sektor unggulan dan belanja pemerintah daerah juga harus dibuat rinci per tahun," kata Bambang.

Selain itu, pemerintah daerah juga harus mengantisipasi adanya pesta demokrasi seperti pilkada mengingat akan ada daerah baru yang perlu dibenahi dalam konteks lima tahun ke depan, katanya.



Sementara itu, Ketua Bappeda Provinsi Lampung Taufik Hidayat mengatakan bahwa arahan Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro kepada Bappeda se-Lampung berupa penajaman perencanaan menyusun RPJMD serta antisipasi pilkada tahun depan.

"Beliau (Menteri, red) meminta Bappeda untuk lebih fokus merencanakan pembangunan berkelanjutan serta menanggulangi kemiskinan," katanya.

Ia mengatakan pemerintah daerah diminta secara spesifik untuk fokus menanggulangi kemiskinan untuk mengurangi kesenjangan antara masyarakat berpenghasilan tinggi dan rendah, antara yang kaya dan miskin.



Selain itu, Bappenas juga meminta untuk menggali sumber pembiayaan dari masyarakat atau investor dan tidak mengandalkan dana APBD dan APBN.

"Khusus bidang ekonomi, pemerintah provinsi akan menggali sumber pertumbuhan ekonomi dengan memanfaatkan sektor unggulan seperti perkebunan dan pertanian agar produksi meningkat dan kesejahteraan masyarakat meningkat," tambahnya. (ANTARA)