Disdukcapil Lampung Timur Luncurkan Layanan "Turun Kecamatan"

id ilustrasi pembuatan e-ktp, ktp elektronik, perekaman e-ktp

Disdukcapil Lampung Timur Luncurkan Layanan "Turun Kecamatan"

Ilustrasi Pembuatan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP). (FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat)

... layanan "turcam" atau turun kecamatan dibuat untuk meningkatkan pelayanan perekaman KTP-e mengingat masih banyak warga Lampung Timur yang belum melakukan perekaman...
Lampung Timur  (ANTARA Lampung) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Timur meluncurkan layanan "turun kecamatan" sebagai upaya menyukseskan perekaman pembuatan kartu tanda penduduk elektronik atau KTP-e.

"Perekaman KTP-e dilakukan di kantor kecamatan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lampung Timur, jadi Disdukcapil turun langsung ke kantor kecamatan memberikan pelayanan kepada warga yang akan melakukan perekaman KTP-e, " kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran dan Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Supil (Disdukcapil) Lampung Timur, Indra Gandi di Sukadana, Ibukota Kabupaten Lampung Timur, Senin.

Dia mengatakan layanan "turcam" atau turun kecamatan dibuat untuk meningkatkan pelayanan perekaman KTP-e mengingat masih banyak warga Lampung Timur yang belum melakukan perekaman.

"Mengingat pihak kecamatan kadang kewalahan melayani warga yang akan melakukan perekaman, sehingga kami membantu dengan membawa alat perekaman sekaligus menyosialisasikan agar warga yang belum melakukan perekaman segera melakukan perekaman, " kata dia lagi.

Disdukcapil Lampung Timur mencatat jumlah wajib KTP-e di Lampung Timur sebanyak 915. 575 NIK, dan yang belum melakukan perekaman sebanyak 259.969 NIK.

Sedang warga yang telah melakukan perekaman sebanyak 655.060 NIK.

" Yang sudah tercetak KTP elektroniknya 630,637 NIK," katanya.

Indra Gandi mengungkapkan melalui layanan Turcam itu terdapat lonjakan warga yang melakukan perekaman KTP-e.

"Sudah beberapa kecamatan yang kami datangi di antaranya Kecamatan Bumi Agung, Way Jepara, Waway Karya, sekampung, Sekampung Udik, Waway Karya, Batang Hari Nuban, Braja Selabah dan Labuhan Maringgai," kata dia. 

(ANTARA)