Lazio Akhiri Laju Tidak Terkalahkan di Kandang Milik Juventus

id pemain lazio selebrasi, liga seri a

Lazio Akhiri Laju Tidak Terkalahkan di Kandang Milik Juventus

Ciro Immobile merayakan gol ke gawang Juventus (Marco Rosi/Getty Images)

Milan (Antara/Reuters) - Lazio mengakhiri rekor tidak terkalahkan di kandang sendiri milik Juventus yang telah terukir selama dua tahun dengan kemenangan 2-1, setelah Paulo Dybala gagal memaksimalkan hadiah penalti yang didapat dengan bantuan asisten video pada Sabtu.

Kekalahan ini membuat sang juara bertahan Juventus tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen Napoli, yang memenangi pertandingan untuk kedelapan kalinya secara beruntun dengan mengalahkan seterunya AS Roma dengan skor 1-0 melalui gol Lorenzo Insigne, meski runner up musim lalu itu memiliki dua peluang yang membentur tiang gawang.

Ciro Immobile mencetak dua gol pada awal babak kedua untuk Lazio, gol kedua melalui eksekusi penalti, setelah Douglas Costa membawa sang juara bertahan memimpin pada babak pertama.

Kekalahan kandang terakhir Juventus didapat dari Udinese pada Agustus 2015 dan sejak itu mereka tidak terkalahkan di stadion mereka sendiri selama 57 pertandingan, termasuk 41 pertandingan di Liga Italia.

Terdapat drama luar biasa menjelang pertandingan usai ketika sepakan Dybala mengenai bagian bawah tiang gawang dan sebelum Juve mendapat hadiah penalti.

Pemain pengganti Lazio Gil Patric menerjang Federico Bernardeschi dan, meski ia menyentuh bola, ia juga menaikkan kakinya dan mengganjal pemain Juventus itu.

Tekel itu memicu perseteruan di antara para pemain, ketika wasit Paolo Silvio Mazzoleni berkonsultasi dengan asisten video sebelum menunjuk ke titik putih di tengah protes para pemain Lazio.

Bagaimanapun, sepakan Dybala pada tendangan terakhir di pertandingan ini dapat dengan brilian digagalkan Thomas Strakosha.

Kekalahan pertama Juventus di liga musim ini membuat mereka hanya mengumpulkan 19 poin dari delapan pertandingan, selevel dengan Inter Milan dan Lazio, sedangkan Napoli telah mengoleksi 24 poin.

Costa membawa Juventus unggul pada menit ke-23 dari bola pantul setelah Strakosha menepis tandukan Sami Khedira, gol itu dikonfirmasi setelah wasit berkonsultasi dengan video asisten wasit.

Juventus nyaris mendapatkan gol berikutnya pada insiden aneh ketika sapuan Strakosha dari garis gawang membentur Gondalo Higuain, dan bola memantul ke mistar gawang.

Immobile menyamakan kedudukan pada menit kedua babak kedua setelah memainkan operan satu-dua dengan Luis Alberto, kemudian memenangi dan mengonversi penalti tujuh menit kemudian, setelah ia dilanggar Buffon, untuk menjadi gol ke-11nya di liga musim ini.

"Kami harus menghndari buyarnya konsentrasi," kata pelatih Juventus Massimiliano Allegri, yang timnya mengincar gelar juara untuk ketujuh kalinya secara beruntun. "Untuk memenangi kejuaraan, kami harus berjuang dengan segala cara." Insigne mengemas gol penentu kemenangan Napoli pada menit ke-20 dengan penyelesaian bagus, setelah bola memantul ke arahnya dari pemain Roma.

Roma bersusah payah menekan untuk menyamakan kedudukan pada 20 menit terakhir, dan Federico Fazio menanduk bola yang diarahkan ke tiang gawang oleh kiper Napoli Pepe Reina, sebelum Edin Dzeko melihat tandukannya mengarah ke mistar gawang.