Harga Kopi Luwak Bali Capai Rp60.000/Kg

id harga kopi luwak bali, kopi luwak bali capai rp60.000/kg, stra yuhana, pembina asosiasi coffe speciality indonesia

Salah satu produk kopi Indonesia (FOTO ANTARA/Ilustrasi/Dok)

...Jadi ada kopi luwak biasa yang dikandangkan, lalu kopi luwak hutan dan yang ketiga kopi luwak bercinta," kata dia...
Bandung (ANTARA Lampung) - Kopi Luwak Hutan Bercinta asal Bali menjadi kopi termahal di Indonesia karena harga jualnya mencapai Rp60 juta per kilogram, kata Pembina Asosiasi Coffe Specialty Indonesia Setra Yuhana.

"Ada extraordinary coffee jadi tidak pada rumpun coffe specialty dikenal lah kopi luwak dan kopi gajah, itu buat entertaint saja orang penasaran saja. Contoh di Bali ada Kopi Luwak Hutan Bercinta. Harga itu sekitar satu tahun lalu," kata Setra Yuhana, di Bandung, Jumat.

Ditemui di sela Pelatihan Kewirausahaan Kopi yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk 50 petani kopi, Setra mengatakan kopi luwak tersebut dihasilkan luwak yang sedang kawin.

"Jadi ada kopi luwak biasa yang dikandangkan, lalu kopi luwak hutan dan yang ketiga kopi luwak bercinta," kata dia.

Menurut dia, saat sepasang luwak jantan dan betina kawin maka dia bisa mengeluarkan aroma wangi hingga hingga radius 100 meter.

"Nah, saat dia kawin dan mengeluarkan aroma wangi itu maka dia makan biji kopinya lalu dikeluarkan dan lain itu flavour-nya," kata dia.

Ia menuturkan jenis kopi ini diminati oleh kalangan terbatas yakni dari kalangan ekonomi atas, tapi hingga saat ini jenis kopi paling mahal di dunia adalah yang berasal dari Brazil.

"Kita peringat ketiga sebagai produsen kopi terbesar dunia. Pertama itu Brazil kedua Vietnam. Dari sisi kualitas kita masuk jajaran atas cuma kita baru mengembangkan kopi specialty-nya sedangkan mereka sudah lebih dulu," kata dia.

Sementara kopi asal Indonesia untuk jenis tertentu sudah mulai diminati dan dijual dengan kisaran harga Rp150.000 hingga Rp500 ribu per kilogram tergantung jenisnya.

Ia menuturkan harga jual kopi Indonesia saat ini masih murah dibanding dengan luar negeri karena meski menduduki posisi ketiga sebagai produsen kopi terbesar dunia, namun dalam dunia kopi, Indonesia masih terbilang baru.

"Bukan tidak mungkin semakin diminatinya kopi Indonesia maka harga jual akan semakin tinggi," kata dia.

Ia mengatakan Jawa Barat, yang terkenal dengan Java Preanger-nya juga punya peluang menjadi juara dunia atau "top of the top" karena faktor alam yang dimiliknya. (ANTARA)
Pewarta :
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar