Zulkifli: Bangsa Indonesia Harus Solid Bangun Negara

id ketua mpr, zulkifli hasan

Zulkifli: Bangsa Indonesia Harus Solid Bangun Negara

Ketua MPR Zulkifli Hasan (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

...Bangsa Indonesia, khususnya umat Islam agar saling menyadari sebagai bangsa Indonesia dan tidak mudah diadu satu-sama lain, kata Zulkifli...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengingatkan bangsa Indonesia, khususnya umat Islam agar bersatu, solid dan bersama-sama membangun negara.

"Bangsa Indonesia, khususnya umat Islam agar saling menyadari sebagai bangsa Indonesia dan tidak mudah diadu satu-sama lain," kata Zulkifli Hasan pada acara Halaqah Kebangsaan dan Rakernas Komisi Hukum dan Perundang-Undangan Majelis Ulama Indonesia tahun 2017 di Jakarta, Kamis (12/10)malam.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Umum MUI, KH Ma'ruf Amin dan jajaran pengurus MUI.

Menurut Zulkifli bangsa Indonesia, khususnya umat Islam saat ini sering terjadi salah kaprah.

"Orang yang menjalani ajaran agama dianggap menjauhi Pancasila. Sebaliknya, orang yang menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara dianggap menjauhi agama," katanya.

Zulkifli menegaskan Pancasila adalah dasar dan ideologi negara Indonesia.

Pancasila, kata dia adalah sistem nilai yang sejalan dengan semua ajaran agama di Indonesia.

Zulkifli pada kesempatan tersebut, menjelaskan bahwa proses kemerdekaan Indonesia, tidak terlepas peran dan perjuangan para ulama dan kyai serta organisasi keagamaan.

Dibentuknya organisasi Nahdlatul Ulama (NU), kata dia pada masa perjuangan kemerdekaan.

"Para ulama banyak yang turut berjuang merebut kemerdekaan Indonesia," katanya.

Zulkifli juga menjelaskan soal lahirnya Pancasila hingga disepakati dengan lima sila seperti saat ini, merupakan bagian dari kesepakatan dan jiwa besar umat Islam.

"Umat Islam, merelakan merevisi sila pertama Pancasila menjadi seperti saat ini, untuk mengakomodasi agama lain di Indonesia, agar Indonesia bersatu," katanya.

Menurut dia Indonesia berapa kali merubah bentuk negara, dari republik, menjadi negara serikat dan kemudian kembali lagi menjadi negara Republik, tapi Pancasila tidak berubah.

"Pancasila terbukti mempersatukan bangsa Indonesia yang heterogen," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli juga mengingatkan para ulama agar betul-betul memperhatikan umat Islam dan bangsa Indonesia.

Bangsa Indonesia, kata dia jangan mau diadu satu sama lain, sementara kekayaan alam Indonesia terus dieksploatasi oleh asing.

"Bangsa Indonesia harus bersatu padu menjaga Indonesia," katanya.

Zulkifli menegaskan bangsa Indonesia harus mengejar ilmu - ilmu pengetahuan yang setinggi-tingginya, sehingga menjadi bangsa yang cerdas dan dapat mengelola negara dengan baik.

Ia juga berharap acara Halaqah dan Rakernas MUI ini betul-betul dapat memperkokoh persatuan umat Islam Indonesia.

 (ANTARA)