Rabu, 18 Oktober 2017

Dinkes Waykanan Usulkan Enam Puskesmas Peroleh Akreditasi

id akreditasi puskesmas waykanan, farida aryani, kepala dinas kesehatan waykanan
Dinkes Waykanan Usulkan Enam Puskesmas Peroleh Akreditasi
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan Farida Aryani (Foto Antaralampung.com/Emir FS)
...Tahun ini kita usulkan enam puskesmas memperoleh akreditasi. Ditargetkan pada 2019, semua puskesmas di 14 kecamatan sudah terakreditasi dari Kementrian Kesehatan," kata Farida...
Waykanan (ANTARA Lampung) - Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, tahun ini mengusulkan enam puskesmas untuk mendapatkan akreditasi guna meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

"Tahun ini kita usulkan enam puskesmas memperoleh akreditasi. Ditargetkan pada 2019, semua puskesmas di 14 kecamatan sudah terakreditasi dari Kementrian Kesehatan," kata Kepala Dinas  Kesehatan Waykanan, Farida Aryani di Blambanganumpu, Jumat (12/110).

Menurut Farida, dari enam yang diusulkan, masih dua puskesmas yang sedang berjalan penilaiannya untuk mendapatkan akreditasi, penilaian tersebut dilakukan tim surveyor dari Kementrian Kesehatan.

Ia menjelaskan, peningkatan pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas, ini bertujuan agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. "Bila pelayanan puskesman tidak baik,  maka puskesmas tersebut akan ditinggalkan oleh masyatakat yang akan berobat."

Akreditasi ini antara lain akan melakukan penilaian terhadap sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan serta upaya pokok, apakah sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Ia mengharapkan, enam puskesmas yang diusulkan untuk mendapatkan akreditasi ini bisa memperoleh nilai yang baik, karena itu semua pihak diminta memberikan informasi yang objektif kepada tim penilai.

Farida mengatakan,  banyak manfaat yang didapat dari akreditasi itu, yaitu memacu puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan, menetapkan strata akreditasi puskesmas yang telah memenuhi standar yang ditentukan, memberikan jaminan kepada petugas puskesmas bahwa pelayanan yang diberikan telah memenuhi standar yang ditetapkan.

Selain itu, terbinanya puskesmas dalam rangka memperbaiki sistem pelayanan, mutu dan kinerja.

Akreditasi ini juga sebagai langkah perbaikan lini pelayanan kesehatan pertama yang berhadapan dengan masyarakat, karena saat ini puskesmas masih menjadi tempat layanan umum yang sering disepelekan oleh masyarakat luas.

Diharapkan dengan adanya akreditasi ini akan membuat pamor puskesmas menjadi naik, bukan karena peralatannya saja, tapi juga pelayanan kepada masyarakat dan orientasi terhadap kepuasan "pelanggannya", tambah Farida Aryani. (ANTARA)

Editor: Edy Supriyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0049 seconds memory usage: 0.46 MB