Pemkab Waykanan Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan

id waykanan, kemiskinan, wakil bupati waykanan

Wakil Bupati Waykanan, Edward Antony (Foto Antaralampung.com/Emir FS/Dok))

Waykanan, 1 (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, melakukan koordinasi melalui rapat penanggulangan kemiskinan, untuk mengurangi jumlah masyarakat miskin dan ditingkatkan menjadi keluarga sejahtera.

"Kemiskinan merupakan hal yang menjadi momok, baik di tingkat nasional hingga daerah. Terlebih di wilayah perdesaan. Berbagai upaya telah dan terus dilakukan dalam upaya mengatasi persoalan kemiskinan," ujar Wakil Bupati Waykanan Edward Antony di Waykanan, Kamis.

Salah satunya, lanjut dia, dengan peningkatan perekonomian, seperti terbukanya lowongan pekerjaan, pendataan keluarga miskin, pemberian rastra, dan pemberian bantuan tepat sasaran.

Namun banyak persoalan yang menyebabkan kemiskinan dimana permasalahan itu saling berkaitan satu sama lain sehingga ada kecenderungan masyarakat di perdesaan sulit ke luar dari permasalahan kemiskinan. Kondisi ini diperparah kurang maksimalnya upaya pemerintah pusat, daerah dan tentunya desa serta masyarakatnya untuk benar-benar berupaya mencari jalan keluar dari kemiskinan tersebut.

Pemerintah Pusat, daerah dan desa harus bisa mencarikan solusi agar keluarga miskin yang ada di Kabupaten Waykanan ini bisa berkurang dan jangan sampai bertambah. Karena selama ini yang ada di lapangan jumlah keluarga miskin selalu bertambah saat pihaknya melakukan pendataan, bukan berkurang.

"Kami harus mecoba mencari jalan ke luar bagaimana cara penanggulangan kemiskinan agar tidak ada lagi keluarga miskin di Kabupaten Waykanan," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar