Pemprov Lampung Berikan Penghargaan Hari Pangan

id stono dan hari pangan sedunia, sekdaprov lampung, sutono

Pemprov Lampung Berikan Penghargaan Hari Pangan

Sedaprov Lampung Sutono (kiri) saat memberikan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017 kepada 14 penerima yang berprestasi dalam pembangunan ketahanan pangan di Provinsi Lampung, di Lapangan Korpri, Senin (9/1

...Regenerasi petani dan nelayan mutlak dilakukan untuk menjamin keberlanjutan produksi pangan di Indonesia...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung memberikan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017 kepada 14 orang yang berprestasi dalam pembangunan ketahanan pangan di daerah setempat pada peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37.

"Peringatan HPS diharapkan menjadi momentum untuk menguatkan peran generasi muda dalam pembangunan pertanian. Regenerasi petani dan nelayan mutlak dilakukan untuk menjamin keberlanjutan produksi pangan di Indonesia," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono di Bandarlampung, Senin (9/10).

Ia menjelaskan, sesuai  dengan tema  HPS tahun 2017 "Mari Kita Gerakan dan Ikut Sertakan Partisipasi Generasi Muda dalam Membangun Pertanian untuk memperkuat Lampung sebagai Lumbung Pangan Nasional", sektor pertanian harus dibangun lebih modern berbasis inovasi sehingga dapat menarik generasi muda.

"Jika kondisi tersebut dibangun di perdesaan, tentu akan menciptakan perekonomian yang kondusif dan menarik bagi generasi muda untuk tidak pergi ke kota, bahkan menarik generasi muda yang telah bekerja di perkotaan kembali ke perdesaan," ungkap Sutono.

Sementara untuk meningkatkan mutu dan keamanan pangan segar, Pemerintah Provinsi Lampung melakukan pembinaan kepada pelaku usaha pangan segar, pengawasan pre-market melalui penerbitan jaminan keamanan pangan berupa sertifikat prima dan register Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT).

Kemudian pengawasan post market melalui pengawasan terhadap retail dengan produk yang beredar dipasaran serta  sertifikasi dan registrasi yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Gubernur  berharap tidak terjadi masalah pangan di wilayah kita seperti kelaparan, mal nutrisi, keracunan pangan dan gejolak harga pangan di Provinsi Lampung. Mari kita bersama-sama memantapkan Lampung sebagai Lumbung Pangan Nasional," ujarnya.

Penerima penghargaan yang terdiri atas lima kategori, yaitu kategori Pembina Ketahanan Pangan (1 orang), Pemangku Ketahanan Pangan (1 orang), Pelopor Ketahanan Pangan (2 orang), Pelaku Ketahanan Pangan (7 orang) dan Pelayan (3 orang).

(ANTARA)