Lewandowski cetak gol, Polandia melaju ke PD 2018

id Piala Dunia 2018, Polandia, Lewandowski

Lewandowski cetak gol, Polandia melaju ke PD 2018

Robert Lewandowski (tipsbetting.co.uk)

Warsawa (Antara/Reuters) - Polandia mengamankan tiket pertama mereka ke putaran final Piala Dunia sejak turnamen 2006 setelah gempuran awal dan upaya kebangkitan larut, termasuk gol dari Robert Lewandowski, membawa mereka menang 4-2 atas Montenegro pada Minggu.

Hasil ini membuat Polandia memuncaki klasemen Grup E dengan 25 poin dari sepuluh pertandingan, unggul lima poin atas tim peringkat kedua Denmark yang mengunci tiket playoff setelah bermain imbang 1-1 dengan Romania.


Polandia berkembang dengan mengandalkan kerja tidak egois dari pencetak gol terbanyak mereka Lewandowski, yang mengemas satu gol dan memiliki andil pada dua gol lainnya pada Minggu setelah mengukir trigol saat menang 6-1 di markas Armenia pada Kamis.

Didukung oleh publik yang mengenakan atribut merah-putih yang memenuhi stadion di Warsawa, tim tuan rumah menghantam Montenegro pada 16 menit pertama yang berlangsung cepat dan menegangkan.


Gelandang Krzysztof Maczynski membawa mereka memimpin pada menit keenam melalui penyelesaian dari jarak sepuluh meter ketika bola tembakan Piotr Zielinski jatuh ke dirinya, setelah Lewandowski mengawali pergerakan dari lapangan tengah.


Penyerang Bayern Munich itu kemudian menyodorkan bola kepada Kamil Grosicki dengan sentuhan cerdas pada menit ke-16 dan sang pemain sayap melepaskan tembakan dari jarak 12 meter setelah pekerjaan bagus dari Zielinski, yang mengecoh dua pemain bertahan Montenegro untuk mengirimkan bola kepada Lewandowski.

Montenegro menyia-nyiakan peluang terbaik mereka pada babak pertama ketika Vladimor Jovovic melepaskan tembakan ke atas mistar gawang dari jarak sepuluh meter setelah kesalahan di lini pertahanan.


Polandia terus mendominasi penguasaan bola pada babak kedua namun mereka justru harus kemasukan ketika tim tamu mencetak dua gol dalam rentang waktu lima menit untuk membuat fase akhir pertandingan berlangsung menegangkan, di mana Polandia berada pada titik di mana mereka setidaknya memerlukan hasil imbang untuk dapat melaju.


Pemain pengganti Stefan Mugosa mengemas satu gol balasan dengan sentuhan pertamanya kepada bola, sepakan salto spektakuler pada menit ke-78, sebelum Zarco Tomasevic menyamakan kedudukan ketika ia memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan.


Publik tuan rumah yang terdiam kembali bersemangat ketika Lewandowski merestorasi keunggulan Polandia dengan penyelesaian oprtunis pada menit ke-85, dan tuan rumah memastikan kemenangan setelah pemain Montengro Filip Stojkovic membelokkan umpan silang Grosicki ke gawangnya sendiri.


Fase akhir pertandingan juga menghasilkan sejumlah peluang ketika upaya Polandia mengenai tiang gawang, dan kemudian kiper tim tamu Danijel Petjovic menggagalkan upaya Maciej Makuszewski.


Sembilan juara grup Eropa otomatis lolos ke turnamen berisi 32 tim tahun depan di Rusia, sedangkan delapan runner up terbaik akan memasuki playoff dua leg untuk memperebutkan empat tiket tersisa.

Antara/Reuters
A.R.A Adipati/A. Budiman