Pemkot Bandarlampung Bagikan 931 KIS

id bandarlampung, kadis kesehatan kota bandarlampung, logo bandarlampung

Pemkot Bandarlampung  Bagikan 931 KIS

Ilustrasi. (istimewa)

Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kota Bandarlampung akan membagikan 931 Kartu Indonesia Sehat (KIS) melalui dinas kesehatan setempat langsung kepada warga.

"Kami akan membagikan 931 KIS langsung kepada pemiliknya," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandarlampung dr. Edwin Rusli di Bandarlampung, Minggu.

Dia mengatakan, KIS ini merupakan bentuk bantuan yang berasal dari BPJS dan disalurkan oleh pemkot.

Penerima KIS ini sesuai dengan data yang didapat dari pihak kecamatan dan kelurahan, dikhususkan untuk warga yang menunggak BPJS.

"Penerima kartu ini khusus warga yang menunggak BPJS, sehingga dikategorikan warga kurang mampu," katanya.

Lalu kategori lainnya, yakni warga yang harus berobat secara rutin di rumah sakit salah satunya harus melakukan cuci darah setiap saat.

Pembagian ini akan dilakukan pada awal bulan November, oleh sebab itu pihaknya akan berkoordinasi dengan Polisi Pamong Praja untuk membantu membagikan kartu tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Polisi Pamong Praja (Banpol PP) Bandarlampung, Cik Radin mengatakan siap melakukan tugas baru yang diberikan wali kota yakni membagikan KIS kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Setelah kita melakukan pembagian E-KTP, kedepan kita akan menerima tugas baru yaitu membagikan KIS kepada setiap warga Kota Bandarlampung yang membutuhkan," kata dia.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan pembagian KIS ini tidak jauh berbeda dengan cara pembagian E-KTP, pihaknya akan langsung mengantar ke rumah pemiliknya.

"Kita antarkan langsung ke rumah-rumah, seperti sebelumnya dan tidak dipersulit apapun seperti sebelumnya," kata dia.

Ia melanjutkan, bahwa ini sudah dipersiapkan Pol PP tapi belum jelas kapan pelaksanaanya.

"Dengan pembagian langsung, masyarakat tidak perlu disusahkan," kata dia.*