Kroasia tersingkir dari posisi pemuncak klasemen grup

id Kualifikasi PD 2018

Islandia menjadi pemuncak klasemen setelah kalahkan Turki 3-0, sementara Kroasia di urutan kedua (bbc.com/reuters)

Rijeka (Antara/Reuters) - Harapan-harapan Kroasia untuk lolos ke Piala Dunia mendapat hantaman setelah mereka kemasukan gol penyama kedudukan saat bermain imbang 1-1 dengan Finlandia di Grup I pada Jumat.
        
Hasil ini membuat Kroasia menghuni peringkat kedua dengan 17 poin, tertinggal dua poin atas pemuncak klasemen Islandia yang menggeser mereka berkat kemenangan 3-0 di Turki.
        
Tim peringkat ketiga Ukraina juga memiliki 17 poin namun kalah selisih gol setelah menang 2-0 di markas tim juru kunci Kosovo. Pertandingan mereka melawan Kroasia di Kiev pada Senin kelihatannya akan menentukan tim mana yang akan mengamankan spot runner up.
        
Kedua tim masih berpeluang menjuarai grup seandainya Islandia, yang mengincar penampilan keduanya secara beruntun di ajang utama setelah mencapai perempat final Piala Eropa 2016, kalah saat menjamu Kosovo.
        
Pemain pengganti Pyry Soiri merayakan debut internasionalnya untuk Finlandia dengan penyelesaian bagus yang membungkam para penonton tuan rumah, yang kemudian mencemooh para pemain Kroasia akibat penampilan buruk mereka.
        
Sepakan voli pemain 23 tahun itu dari jarak delapan membatalkan gol pembukaan yang dibukukan Mario Mandzukic pada menit ke-57, setelah tim tuan rumah gagal memaksimalkan serangkaian peluang pada babak pertama.
        
Peluang terbaik dimiliki bek tengah Kroasia Domagoj Vida yang tandukannya dapat disapu keluar garis oleh Rasmus Schueller, setelah bek kiri Josip Pivaric dan pemain sayap Ivan Perisic juga nyaris mencetak gol.
        
Kapten Luka Modric, yang melakukan penampilan internasional ke-100nya, melepaskan tembakan yang masih melambung atas mistar gawang dari jarak 20 meter pada babak kedua sebelum Finlandia mengancam dengan tandukan Juhani Ojala yang memaksa kiper Danijel Subasic melakukan penyelamatan akrobatik.
        
Mandzukic memasukkan bola tidak lama kemudian, di mana umpan silang Pivaric dibelokkan bek Finlandia Niklas Moisander ke arah pergerakannya.
        
Kroasia bertahan pada fase akhir pertandingan dan melihat tembakan mendatar Joel Pohjanpalo diblok oleh Vida, mereka kemudan terkejut saat Soiri mengambil keuntungan dari pertahanan statis dan melepaskan sepakan voli melewati Subasic.

ANTARA/reuters
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar