Islandia singkirkan Turki dari Piala Dunia 2018

id Kualifikasi PD 2018

Islandia singkirkan  Turki dari Piala Dunia 2018

Islandia bertarung dalam turmanen terbesar pertamanya, yakni Piala Eropa 2016. Kini peluangnya lolos menuju Piala Dunia 2018 terbuka lebar. (bbc.com/reuters)

Istanbul (Antara/Reuters) - Islandia mengamankan kemenangan 3-0 di Turki pada Jumat, mengakhiri harapan tim tuan rumah untuk mencapai Piala Dunia tahun depan dan membawa tim tamu berada di jalur untuk lolos langsung dari Grup I.
        
Dengan sisa satu pertandingan untuk dimainkan, kemenangan ini membawa Islandia memuncaki klasemen grup dengan 19 poin, unggul dua poin atas Kroasia, yang bermain imbang 1-1 dengan Finlandia. Ukraina juga kini telah mengoleksi 17 poin setelah mengalahkan Kosovo, sedangkan Turki tertinggal dengan 14 poin dan dipastikan tersingkir dari persaingan.
       
Johann Gudmundsson membawa Islandia memimpin pada menit ke-32, mengejar umpan silang dari Jon Bodvarsson untuk menyambar bola melewati Volkan Babacan yang mengawal gawang Turki.
        
Tim tamu menggandakan keunggulan mereka tujuh menit kemudian ketika Bodvarsson menggulirkan bola melewati dua pemain bertahan untuk tertuju kepada Birkir Bjarnason yang menembakkan bola tanpa dapat dihalau Babacan, memicu cemooh dari para penonton di kota Eskisehir.
        
Harapan-harapan Turki untuk dapat bangkit mendapat hantaman pada awal babak kedua ketika Kari Arnason memasukkan bola dari jarak dekat pada menit ke-49, setelah bola tendangan sudut disundul melintasi mulut gawang oleh Aron Gunnarsson.
        
Pola ini sudah dimulai sejak awal pertandingan ketika upaya-upaya Turki untuk mematahkan pertahanan solid Islandia selalu gagal, dan tim tamu berulang kali terlihat mengancam Turki melalui serangan balik.  
   
Setelah gol ketiga, Islandia lebih banyak bertahan dan lebih memilih menyerap tekanan dari Turki pada sebagian besar babak kedua, ketika tuan rumah terlihat ingin menyelamatkan harga diri, namun gol hiburan pun tetap tidak tercipta.
        
Islandia akan menjamu Kosovo pada pertandingan terakhirnya, sedangkan Kroasia akan bermain di markas Ukraina. Turki akan melawat ke Finlandia untuk laga terakhir mereka.

Antara/Reuters