Tiga pasukan elit AS tewas disergap di Niger

id AS, tentara AS, Niger, Nigeria, militan

Tiga pasukan elit AS tewas disergap di Niger

Satu pasukan khusus AS menunjukkan bagaimana cara menangkap seorang tersangka, saat pelatihan untuk militer Afrika, di Diffa, Niger. (Reuters)

Dakar/Bamako  (Antara/Reuters) - Lima tentara Niger dan tiga Pasukan Khusus AS tewas, dua lagi terluka dalam serangan terhadap sebuah patroli gabungan di Niger barat daya pada Rabu, menurut pejabat Niger dan Amerika Serikat.
         
Lima tentara Baret Hijau diserang saat melakukan patroli rutin di daerah yang diketahui terdapat gerilyawan, termasuk dari al Qaida di Islam Maghreb (AQIM) dan kelompok IS, kata seorang pejabat AS.
         
Belum jelas siapa pelaku yang melepaskan tembakan ke arah pasukan AS serta pasukan yang didukung AS,  kata pejabat tersebut. Pasukan tidak berpatroli di daerah itu dengan tujuan tertentu, seperti menyasar buronan atau menyelamatkan sandera, tambah pejabat tersebut.
         
Seorang juru bicara Komando AS di Afrika membenarkan adanya serangan tersebut setelah Radio Internasional Prancis (RFI) melaporkan penyergapan mematikan di dekat perbatasan Niger-Mali.
         
"Kami dapat memastikan laporan bahwa patroli gabungan AS dan Niger diserang dengan sejumlah tembakan musuh di Niger barat daya," kata juru bicara tersebut.
         
Namatta Abubacar, pejabat daerah Tillaberi di Niger, mengatakan bahwa lima tentara Niger termasuk di antara korban tewas.
         
Sumber diplomatik Niger mengatakan bahwa pelaku penyerangan berasal dari Mali dan telah membunuh beberapa tentara, tanpa mengatakan pasukan AS yang ditempatkan di negara Afrika Barat itu berada di antara para korban.

 
ANTARA/REUTERS
Aulia/GNC Aryani