Pemkab Lampung Tengah dan Polisi Patroli-ronda Bersama

id ronda, lampung tengah, polisi

Pemkab Lampung Tengah dan Polisi Patroli-ronda Bersama

Bupati Lampung Tengah saat patroli bersama kapolres mendatangi warga yang sedang ronda. (ANTARA Lampung/Dok.Humas Lamteng)

Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dan kepolisian serta masyarakat setempat melakukan patroli serta ronda bersama guna menjaga keamanan di wilayah setempat.

Informasi yang diterima di Bandarlampung, Minggu, seperti ronda yang berlangsung di Kecamatan Seputihagung, Sabtu (30/9) dini hari. Bupati Lampung Tengah Mustafa dan warga mendapat pendampingan langsung dari pihak kepolisian yang di pimpin langsung oleh Kapolres Lampung Tengah AKBP Purwanto Puji Sutan.

Ronda diawali di kampung Endangrejo Kecamatan Seputihagung. Dengan mengendarai sepeda motor, bupati dan kapolres berkeliling dari pos ronda satu ke pos ronda lainnya memantau keamanan dan aktivitas ronda warga.

Bupati Mustafa menyatakan Pemkab Lampung Tengah terus bersinergi dengan kepolisian dalam rangka meningkatkan keamanan. Langkah ini dilakukan menyusul Lampung Tengah menjadi kabupaten terluas di Lampung, dimana rasio antara jumlah penduduk dan personel kepolisian tidak memadai.

?Karenanya kekuatan rakyat harus digerakkan. Lewat ronda, warga tidak hanya berpangku tangan tetapi juga diajak untuk ikut bertanggungjawab menjaga wilayahnya. Alhamdulillah ronda disambut baik, dengan kesadaran masing-masing mereka aktif melaksanakan ronda,? ungkap Mustafa.

Sinergitas dengan kepolisian, ditegaskan bupati muda ini, akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Tak hanya lewat ronda, saat ini Pemkab Lampung Tengah juga tengah memfasilitasi pembangunan Mako Brimob Lampung Tengah yang berlokasi di Kecamatan Anaktuha.

?Ini menjadi bukti bahwa sinergitas kami (pemerintah dan kepolisian) telah terjalin dengan baik. Saya harap hal ini bisa dipertahankan, kita bahu membahu menjaga keamanan bersama. Jika kita punya kesadaran dan semangat yang sama, saya percaya Lampung Tengah bisa benar-benar aman,? kata Mustafa.

Sementara itu Kapolres Lampung Tengah AKBP Puji Sutan mengatakan pihaknya telah mengerahkan para personelnya untuk rutin melakukan patroli keamanan di tiap-tiap kampung. Dengan adanya ronda warga, menurutnya hal tersebut sangat membantu tugas kepolisian.

?Karenanya saya meminta warga agar tetap aktif ronda. Sudah ada teladan dari bupatinya, tentu ini harus kita laksanakan semaksimal mungkin. Kerja sama kepolisian dan warga, mudah-mudahan bisa mewujudkan daerah yang aman dan nyaman,? kata dia.*