Lampung diapresiasi terkait Hari Kopi Internasional

id Kopi Lampung, Hari Kopi Internasional

Lampung diapresiasi terkait Hari Kopi Internasional

Buah Kopi Lampung (Ilustrasi (Istimewa))

Bandarlampung (Antara Lampung) - Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau, dan Bahan Penyegar, Kementerian Perindustrian RI Willem Petrus Riwu  mengapresiasi Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo yang memberi dukungan kepada petani kopi dengan menggelar kegiatan Hari Kopi Internasional.
             
"Inilah perayaan Hari Kopi terbesar yang pernah saya ikuti. Saya tahu benar bahwa Pemprov Lampung tidak memiliki dana yang banyak untuk kegiatan ini. Jadi tidak benar suatu selebrasi seperti ini perlu dana yang besar, yang penting itu ada sosok yang mau mendorong dan menggerakkan," ujarnya, di Bandarlampung, Sabtu.
            
Willem mengatakan bahwa tema kegiatan itu, "Kopi Indonesia untuk Kesejahteraan Rakyat", sebagai suatu bukti bahwa antara industri dan petani dapat berkolaborasi untuk menghasilkan kopi yang berkualitas dan meningkatkan kesejahteraan petaninya.
             
Hari Kopi Internasional 2017 di daerah itu yang dipusatkan di Novotel Lampung akan diisi dengan acara "talkshow", "tour the coffee knowledge", berupa wisata agro  di Dusun Penginyongan, Pekon Negeri Agung, Kecamatan Talangpadang, Tanggamus. 
       
Selain itu, kejuaraan Barista Nasional 2017 meliputi tiga kategori, yaitu "manual brewing", "coffee cup testing robusta", dan "latte art".
           
Acara itu juga dimeriahkan dengan hadirnya 60 peserta dari kalangan barista internasional, 24 peserta lomba "brewing", 18 peserta "lomba latte", dan 18 peserta "cup test" dari Yogyakarta, Medan, Sulawesi Barat, dan Jakarta.
            
Dari Provinsi Lampung diwakili perwakilan dari Bandarlampung, Lampung Selatan, Lampung Barat, Tanggamus, dan Lampung Utara
       
Pembukaan Hari Kopi Internasional 2017 pada Jumat (29/9) malam ditandai dengan balos gas yang menggunakan "micro led" tersebut disambut antusias ribuan pengunjung. Pengunjung juga mencicipi kopi "fine" robusta Lampung yang diracik oleh barista-barista andal, baik dari daerah setempat maupun luar Lampung.  

ANTARA