Pendiri Majalah Playboy Meninggal di Usia 91 Tahun

id pendiri playboy meninggal dunia, hugh hefner, playboy enterprises

Pendiri Majalah Playboy Meninggal di Usia 91 Tahun

Pendiri Majalah Playboy Hugh Hefner (Foto/REUTERS/Fred Prouser)

...Wawancara mendalam dengan tokoh bersejarah seperti Fidel Castro, Martin Luther King Jr., Malcolm X dan John Lennon juga tampil secara reguler dalam majalah tersebut...
Los Angeles (ANTARA/Reuters) - Pendiri majalah Playboy Hugh Hefner, yang mengantarkan revolusi seksual pada 1960-an dengan majalah pria Playboy, tutup usia pada Rabu dalam usia 91 tahun, demikian pernyataan perusahaan Playboy.

Hefner yang disebut "dewa hedonisme pop" oleh majalah Time, meninggal di rumahnya, demikian pernyataan Playboy Enterprises.

Hefner semasa hidupnya digambarkan sebagai Peter Pan yang menyimpan tujuh gadis muda berambut pirang di Mansion Playboy legendaris miliknya. Hal tersebut tercatat dalam "The Girls Next Door," acara realitas televisi yang ditayangkan mulai 2005 hingga 2010.

Hefner menciptakan Playboy sebagai majalah cetak pria pertama yang penuh gaya, dan selain potret telanjang, isi majalahnya memiliki daya tarik intelektual dengan melibatkan penulis papan atas seperti Kurt Vonnegut, Joye Carol Oates, Vladimir Nabokov, James Baldwin dan Alex Haley.

Wawancara mendalam dengan tokoh bersejarah seperti Fidel Castro, Martin Luther King Jr., Malcolm X dan John Lennon juga tampil secara reguler dalam majalah tersebut.

Edisi cetak pertama keluar pada Desember 1953 dengan menampilkan foto telanjang aktris Marilyn Monroe, yang seketika menjadi hit. Saat majalah tersebut dirilis, Playboy diserang oleh penganut paham kanan karena ketelanjangan dan feminis paham kiri yang mengatakan bahwa hal itu merendahkan wanita sebagai objek seks.

Hefner pernah menyatakan seks sebagai "faktor pendorong utama dalam perjalanan sejarah manusia", dengan menggunakan bahasan tersebut, model bisnis Playboy berkembang selama revolusi seksual dan memasuki era 1970-an dengan sirkulasi bulanan mencapai 7 juta kopi.

Setelah menderita stroke ringan pada 1985, Hefner menjadikan putrinya Christie sebagai pemimpin Playboy Enterprises dan dia merombak bisnis tersebut sebelum mengundurkan diri pada 2009. Putra Hefner, Cooper, yang berusia hampir 40 tahun lebih muda dari Christie, berperan besar dalam perusahaan pada 2014.

"Ayah saya menjalani kehidupan yang luar biasa dan berdampak sebagai pelopor media dan budaya, suara terdepan di balik beberapa gerakan sosial serta pergerakan budaya paling penting di zaman kita dalam menyokong kebebasan berbicara, hak-hak sipil dan kebebasan seksual," ujar Cooper dalam pernyataannya pada unggahan di media sosial. (ANTARA)