Indonesia ikut Festival Kopi Turki

id Kopi bubuk, Lampung

Sensasi menikmati kopi produksi Samosir di Desa Parhillo Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir. (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Istanbul, Turki (Antara/Xinhua-OANA) - Campuran biji kopi dengan aroma sedap yang memenuhi udara menarik warga lokal dan wisatawan ke satu festival kopi yang diluncurkan di Istanbul Tengah pada Kamis (21/9).
        
Pengekspor dari Indial Kolombia dan Indonesia serta negara lain bergabung dalam acara empat-hari tersebut, sementara pemasok utama biji kopi itu berusaha membuat terkesan importer Turki dengan pilihan eksklusif mereka.
        
Secara keseluruhan, sebanyak 100 perusahaan hadir dalam festival kopi keempat itu, yang dituan-rumahi oleh metropolis di satu taman di Kabupaten Besiktas.
        
"Kegiatan tersebut juga berusaha menghadirkan pencinta kopi dan produk unggulan mereka," kata Ilker Akar, mitra pengelola dari DSM Group, yang menyelenggarakan kegiatan itu, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat malam.
        
Dengan tema "Perjalanan Kopi", festival itu tahun ini menghadirkan seluruh lingkaran produksi kopi, mulai dari penanaman biji kopi sampai berakhir pada seorang barista yang menyajikan kopi yang jempolan, kata Akar.
        
"Kopi yang bagus hanya bisa diperoleh dengan penggunaan gelas yang baik dan air yang bagus," kata seorang barista yang sedang memasak kopi di satu stan buat Perusahaan Pengolah Kopi Petra di Turki. "Hanya setelah anda menggabungkan semua ini baru lah anda memperoleh kopi yang bagus pada akhirnya."
   
Diego, satu merek minuman beralkohol utama global, menawarkan loka-karya gratis mengenai cara membuat campuran yang eksotik dengan bermacam minuman dan espresso.
        
"Benar-benar luar biasa bahwa saya bisa belajar di sini mengenai carai membuat koktail yang disebut espresso martini," kata seorang perempuan muda.
        
Sebanyak 50 loka-karya dan seminar serta penampilan musik langsung bagi festivalitu, sementara 45 barista Turki dijadwalkan bersaing dalam kejuaraan yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association.
        
"Pemenangnya akan mendapat kesempatan untuk ikut dalam World Barista Championship --yang akan diselenggarakan di Seoul, Ibu Kota Korea Selatan," kata Akar.

ANTARA/XINHUA
Chaidar




Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar