Jumat, 20 Oktober 2017

Lasqi Lampung Gelar Festival Qasidah

id yustin dan hut ikwi, ketua tp pkk, aprilina yustin ficardo
Lasqi Lampung Gelar Festival Qasidah
Ketua DPW Lasqi Lampung, Aprilani Yustin Ficardo. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)
...Festival tahun ini melombakan kategori anak-anak putra putri, remaja putra putri, dan kategori dewasa putra putri...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Lampung segera menggelar Festival Bintang Vocalis Qasidah tingkat provinsi.

"Festival tahun ini melombakan kategori anak-anak putra putri, remaja putra putri, dan kategori dewasa putra putri,"  kata Sekretaris DPW Lasqi Provinsi Lampung Syaiful Irba Tanpaka, di Bandarlampung, Kamis.

Menurutnya, sebelum mengikuti Festival Qasidah di Padang, pada 25-26 Oktober 2017, DPW Lasqi Provinsi Lampung menyelenggarakan Festival Bintang Vocalis Tingkat Provinsi.

Ia menyebutkan, pemenang lomba mewakili Provinsi Lampung di tingkat nasional. Sedangkan untuk kategori qasidah klasik diwakili pemenang pada perlombaan pada tahun 2016.

Menurutnya, sebelum berangkat ke Padang, DPW Lasqi Provinsi Lampung akan membantu pembinaan peserta. Bentuknya dalam karantina yang diprakarsai DPW Lasqi.

"Peserta lomba dibina dan diberi pembekalan normatif terkait lomba yang diikuti," katanya.

Menurut Syaiful sejak kepemimpinan Aprilani Yustin Ficardo selama dua tahun terahir, menunjukkan kemajuan membanggakan.

Ia menjelaskan, DPD Lasqi di kabupaten dan kota aktif, bahkan di beberapa kabupaten mengaktifkan pengurus hingga kecamatan dan desa.

Hal itu dibuktikan dengan partisipasi DPD pada Lasqi Super Festival. Kemudian, rencana Kabupaten Pesawaran yang mengirim perwakilan pada lomba qasidah kolaborasi mewakili Provinsi Lampung ke tingkat nasional.

Ketua DPW Lasqi Lampung, Yustin Ridho Ficardo mengatakan pihaknya tengah bersiap mengikuti kegiatan berskala nasional yakni Festival Qasidah di Padang, pada 25-26 Oktober 2017.

Ia mengapresiasi kesungguhan seluruh jajaran DPD Lasqi 15 kabupaten dan kota yang menunjukkan dedikasi bagi kemajuan Lasqi Lampung.

"Walaupun persaudaraan Lasqi baru berjalan dua tahun, telah berhasil mengharumkan nama Lampung melalui seni budaya Islam di tingkat nasional," kata Yustin.

Dalam waktu dekat Lasqi mengirim perwakilan mengikuti Rakernas Lasqi di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta pada 21-23 September 2017. Kemudian mengikuti pelatihan dewan juri seni qasidah untuk standardisasi dan berpartisipasi pada festival qasidah tingkat nasional yang dilaksanakan pada 20-23 November 2017 di Padang, Sumatera Barat.

(ANTARA)

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0078 seconds memory usage: 0.46 MB