Satgas Operasi Tinombala Diperpanjang Hingga Desember 2017

id operasi tinombala diperpanjang, irjen pol im iriawan, asops kapolri

Satgas Operasi Tinombala Diperpanjang Hingga Desember 2017

Asisten Operasi Kapolri Irjen Polisi M Iriawan (FOTO: Antaranews.com/Dok)

...Kita berharap perpanjangan opersi ini bisa mengakhiri semua, kalau tidak mau ditindak tegas, silahkan menyerahkan diri," kata Irjen Iriawan...
Poso, Sulawesi Tengah (ANTARA Lampung) - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Tinombala 2017 di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, kembali diperpanjang hingga 29 Desember 2017 untuk mengejar tujuh orang Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus terorisme di wilayah tersebut.

"Kita telah kembali memperpanjang pelaksanaan Operasi Tinombala 2017 selama tiga bulan ke depan," ungkap Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Polisi Muhamad Iriawan didampingi Kapolres Poso AKBP Bogieq Sugiyarto dalam kunjungannya di Poso, Selasa (19/9).

Iriawan menjelaskan tidak ada perubahan yang dilakukan dan secara teknis upaya persuasif tetap dikedepankan. Pihaknya selalu mengimbau, kalau ada DPO yang mau menyerahkan diri, akan diproses secara baik-baik.

Sesuai dengan jadwal, Operasi Tinombala 2017, akan berakhir 29 September 2017 mendatang.

Kedatangan Irjen Polisi M Irawan di Poso dalam dalam rangkaian analisa dan evaluasi (Anev) pasukan.

Anev yang berlangsung sekitar dua jam itu digelar di aula Andi Sappa Polres Poso, yang turut dihadiri oleh sejumlah petinggi Satgas Tinombala baik unsur TNI maupun Polri.

Menurut Irawan, hadirnya petinggi unsur Polri dan TNI dalam pelaksanaan Anev itu merupakan hal yang terpenting, untuk mengetahui apa yang menjadi kekurangan serta kendala pasukan di lapangan, sehingga sisa DPO itu belum berhasil ditangkap.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menjelaskan bahwa sesuai dengan permintaaan Kapolda Sulteng, agar Operasi Tinombala kembali diperpanjang, akhirnya disetujui Kapolri, dengan pertimbangan masih adanya DPO yang belum tertangkap.

"Kita berharap perpanjangan opersi ini bisa mengakhiri semua, kalau tidak mau ditindak tegas, silahkan menyerahkan diri," kata Irjen Iriawan.

Berdasarkan data, saat ini tersisa tujuh orang DPO yang menjadi target perburuan, yakni Ali Muhammad alias Ali Kalora alias Ali Ambon asal Poso. Muhammad Faisal alias Namnung alias Kobar asal Poso. Qatar alias Farel asal Bima NTB. Nae alias Galuh asal Bima NTB. Basir alias Romzi asal Bima NTB. Abu Alim dan Kholid asal Bima NTB.

Dalam setiap kesempatan, Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Polisi Rudy Sufahriadi menyatakan Satgas Operasi Tinombala terus fokus mengejar tujuh anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang melakukan aksi-aksi teror di wilayah Poso selama ini. (ANTARA)