BI: Ekonomi Lampung Tumbuh 5,03 Persen

id Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung, Arief Hartawan

BI: Ekonomi Lampung Tumbuh 5,03 Persen

Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung Arief Hartawan (FOTO:Istimesa)

...Seandainya ekspansi fiskal pemda berjalan lebih optimal, pertumbuhan ekonomi Lampung tentu akan lebih tinggi lagi...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung mencatat ekonomi Lampung pada triwulan II 2017 secara tahunan tumbuh 5,03 persen (year on year).

"Angka itu di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Sumatera sebesar 4,09 persen dan nasional 5,01 persen," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung Arief Hartawan, di Bandarlampung, Rabu (13/9).

Ia menyatakan, secara historis, pertumbuhan ekonomi Lampung memang bukan yang tertinggi. Umumnya berada pada posisi ketiga atau keempat dengan pertumbuhan tertinggi di Sumatera.

Kecuali pada triwulan IV 2013, Lampung menempati urutan pertama, katanya lagi.

Menurutnya, secara triwulanan (qtq) pertumbuhan ekonomi Lampung pada triwulan II 2017 sebenarnya merupakan paling pesat se-Sumatera (Lampung 4,29 persen/qtq, Sumatera 2,19 persen/qtq).

Pertumbuhan itu didukung konsumsi domestik menguat dan investasi meningkat.

"Capain triwulanan tersebut menunjukkan geliat perekonomian Lampung cukup tinggi dan memberikan optimisme bahwa prospek pertumbuhan ekonomi masih cukup baik," katanya pula.

Prospek pertumbuhan ekonomi Lampung semakin menjanjikan dengan pembangunan infrastruktur strategis, seperti Jalan Tol Trans Sumatera, Bandara Internasional Radin Inten II, perluasan dermaga Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni, peningkatan distribusi listrik, pengembangan pariwisata, dan rencana pengembangan kawasan industri.

Dari sisi sektoral, kata Arief, sumber pertumbuhan ekonomi Lampung relatif merata dengan tiga sektor utama, yakni pertanian, industri pengolahan, dan perdagangan.

Kondisi tersebut, lanjutnya, cukup menguntungkan Lampung di tengah harga komoditas yang berfluktuasi, khususnya harga komoditas tambang yang masih berada pada level rendah.

"Seandainya ekspansi fiskal pemda berjalan lebih optimal, pertumbuhan ekonomi Lampung tentu akan lebih tinggi lagi," ujarnya.

Ia menyarankan dalam kondisi fiskal daerah relatif terbatas, progam jangka pendek yang bisa ditempuh pemda adalah menarik investasi swasta sebanyak mungkin dengan memperbaiki iklim investasi.

Seperti, melalui percepatan dan penyederhanaan perizinan, pemberian insentif regulasi pengembangan usaha, dan komunikasi program investasi secara profesional.

Guna mendukung langkah pembenahan iklim investasi itu, BI Lampung bersama Pemerintah Provinsi Lampung dan kabupaten dan kota akan mengembangkan Forum Investasi Lampung (FOILA).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung Taufik Hidayat mengatakan pertumbuhan ekonomi Lampung masih yang tertinggi di Sumatera, bahkan lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan rata-rata Pulau Sumatera.

"Dilihat dari pertumbuhan ekonomi Lampung semester 1 2017 dibandingkan semester 1 2016, Lampung berada pada posisi lima Sumatera," ujarnya.

Kondisi agak melambat pertumbuhan ekonomi Lampung triwulan II (yoy) salah satunya karena kontraksi pengeluaran pemerintah minus 6,8 persen.

"Ini akibat pergeseran pembayaran gaji ke-13 dari Juni ke Juli 2017. Selain itu, realisasi belanja modal pemerintah yang masih rendah. Kondisi ini terjadi di seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung," kata Taufik Hidayat.

(ANTARA)