Tiga Lapas Khusus Narkoba Segera Dibangun

id budi waseso dan lapas narkoba

Tiga Lapas Khusus Narkoba Segera Dibangun

Foto profil jarak dekat Kepala BNN, Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

...Kita sudah membangun sistem itu dan paling tidak tidak terkontaminasi dengan oknum aparat. Bahwa itulah yang harus dilakukan, kata Budi Waseso...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Badan Narkotika Nasional mengatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk segera membangun tiga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) khusus narkoba untuk bandar yang sudah diputuskan hukuman mati.

"Kita sudah membangun sistem itu dan paling tidak tidak terkontaminasi dengan oknum aparat. Bahwa itulah yang harus dilakukan," kata Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso yang akrab dipanggil Buwas di Jakarta, Selasa.

Untuk lokasi pembangunan dan desainnya, Buwas mengatakan tidak tahu dan hal itu silahkan ditanyakan pada Dirjen Pemasyarakatan.

"Nanti kita sama - sama melihat. Usulan saya ya sebagus mungkin. Ideal bagi saya belum tentu ideal bagi mereka, yanga jelas kalau bisa dijaga sama buaya," ucap Buwas.

Saat ini, dia mengatakan jumlah penyalahgunaan narkoba di Indonesia sekitar 6,4 juta jiwa kebanyakan adalah pengguna narkoba jenis sabu dan ekstasi.

"Pada 2016, kita sudah menyita 2,4 ton dan itu tidak ada apa - apanya dibanding data yang masuk ada informasi 250 ton sabu dan tidak ada jumlah detailnya pada tahun 2016," ujar Buwas.

Ada sepuluh negara yang merupakan asal narkoba ke Indonesia di antaranya yakni China, India, Pakistan, Afrika, dan Belanda.