Pelajar Lampung Tengah Kembali Dikirim ke China

id Beasiswa ke China, Pelajar Lampung Tengah ke China, Pelajar Lampung Tengah, Bupati Mustafa

Pelajar Lampung Tengah Kembali Dikirim ke China

Bupati Lampung Tengah Dr Ir Mustafa saat menerima pelajar yang akan berangkat ke China. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist-Humas Pemkab Lampung Tengah)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Sebanyak enam pelajar dari Kabupaten Lampung Tengah yang mendapatkan beasiswa ke China, telah dilepas keberangkatannya untuk menempuh pendidikan di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Rilis yang diterima di Bandarlampung, Selasa (12/9), menyebutkan pelepasan para pelajar itu berlangsung di Surabaya dan dihadiri sejumlah tokoh penting nasional, seperti Dahlan Iskan yang juga pendiri ITCC dan Sinta Nuriyah Wahid, istri almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Kepala Dinas Pendidikan Lampung Tengah A Helmi mengatakan program beasiswa ini merupakan kerja sama Indonesia Tionghoa Culture Center (ITCC). Dalam acara pelepasan tersebut pihaknya mewakili Bupati Lampung Tengah Mustafa.

"Kehadiran saya mewakili Bupati Lampung Tengah Mustafa untuk melepas pelajar yang memperoleh beasiswa kuliah ke China. Acaranya yakni pelepasan calon mahasiswa ke China. Calon mahasiswa itu telah mengikuti pelatihan bahasa Mandarin dan bahasa Inggris selama lima bulan," ujar Helmi.

Menurutnya, penerimaan beasiswa kuliah ke China tidak terlepas dari peran serta Bupati Mustafa yang memberikan dukungan kepada pelajar untuk bisa mengenyam pendidikan ke luar negeri.

Program beasiswa kuliah ke China, ditambahkan Helmi, masih tetap bergulir setiap tahun. Saat ini tercatat ada delapan pelajar yang mengikuti pelatihan bahasa Mandarin dan bahasa Inggris. Delapan pelajar itu juga akan mengikuti persiapan untuk kuliah keluar negeri tahun 2018.

"Jika tahun ini kami mengirimkan 6 orang, tahun depan 8 orang. Program beasiswa ini terus bergulir dan kami membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pelajar Lampung Tengah yang ingin kuliah ke China secara gratis," ujar Helmi pula.

Calon mahasiswa yang diberangkatkan kuliah ke China secara nasional mencapai 352 orang.

Enam calon mahasiswa asal Lampung Tengah masing-masing mengambil Jurusan Kedokteran (2 orang), Ekonomi (2 orang), dan Teknologi (2 orang). Setelah menyelesaikan kuliah dapat kembali untuk ikut membangun daerahnya.

Secara terpisah, Bupati Mustafa mengatakan upaya pemberdayaan SDM terus dilakukan dalam rangka melahirkan generasi-generasi berkualitas yang mampu membangun daerah. Dia menyatakan pula, ini bukan kali pertama, pihaknya mengirimkan pelajar keluar negeri.

"Sejumlah beasiswa keluar negeri telah kami berikan. Ada yang ke China, Korea, Malaysia, dan Spanyol. Kami memberi kesempatan kepada putra putri kami untuk menimba ilmu seluas-luasnya. Harapannya ketika kembali ke sini, mereka bisa membangun daerahnya, bangun tanah kelahirannya," ujar Bupati Mustafa.