Jamaah Haji Lampung Tiba 10 September

id heri suliyanto tinjau asrama haji, asbid kesra, pemprov lampung, hery suliyanto

Jamaah Haji Lampung Tiba 10 September

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Lampung, Heri Suliyanto(FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Bandarlampung (ANTAARA Lampung) - Sebanyak 388 anggota jamaah haji Lampung yang tergabung dalam Kelompok Terbang 06, Embarkasi Jakarta, dijadwalkan tiba di Bandara Raden Inten II, Minggu (10/9), pukul 13.20 WIB.

"Rombongan Kloter 06 yang merupakan jamaah asal Lampung Tengah ini merupakan yang pertama tiba di Lampung setelah menunaikan ibadah haji," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Lampung, Heri Suliyanto, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan, mulai sarana dan prasarana, keamanan saat jamaah tiba, serta ketersedian makanan bagi jamaah.

Pihaknya akan terus mengevaluasi pengelolaan keberangkatan haji dan kepulangan mereka.

"Pelaksanaan jamaah haji berjalan baik. Mulai pemberangkatan, saya bersama rombongan meninjau langsung ke Bandara Soekarno-Hatta sampai jamaah memasuki pesawat Garuda Indonesia. Semuanya dipastikan berjalan baik dan lancar," kata Heri.

Ia mengharapkan pada penyelenggaraan ibadah haji 2018, Embarkasi Lampung berstatus embarkasi penuh sehingga jamaah haji asal Lampung dapat diberangkatkan ke Tanah Suci langsung dari Bandara Raden Inten II.

"Pemerintah Provinsi Lampung segera melengkapi fasilitas dalam mendukung embarkasi haji penuh sehingga fasilitas pendukung, seperti asrama haji mampu menampung sekitar 400 jamaah atau dua kloter. Juga membantu persiapan Bandara Raden Inten II berstatus internasional dengan pengadaan lampu dan x-ray ke Bandara Raden Inten II," katanya.

Terkait dengan embarkasi penuh, Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Suhaili mengatakan dapat segera terlaksana, mengingat pihaknya telah mengurus kelengkapan ke Kementerian Agama sehingga embarkasi haji penuh dapat terlaksana pada 2018.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Lampung Luqmanul Hakim menjelaskan pada 2017, Pemerintah Provinsi Lampung mendapa kuota tambahan 800 anggota jamaah, dari yang seharusnya hanya 300 orang, sehingga total anggota jamaah mencapai 7.020 orang.

"Pada 2017 kuota jamaah kembali pada kuota asli, yakni 6.282, sedangkan Indonesia memperoleh tambahan 10 ribu jamaah," kata Luqmanul Hakim.

Kepala Bandara Raden Inten II Satimin menjelaskan pihaknya siap menerima kedatangan jamaah haji Provinsi Lampung.

"Baik pagi, siang, maupun malam. Kami siap memberikan pelayanan yang terbaik untuk kedatangan para jamaah haji," katanya.

(ANTARA)