Jenderal Gatot : Tugas TNI Dukung Program Pemerintah

id tugas tni dukung program pemerintah, jenderal gatot nurmantyo, panglima tni

Jenderal Gatot : Tugas TNI Dukung Program Pemerintah

Panglima TNI Jenderal Gantot Nurmantyo (FOTO: Antaranews.com/Dok)

...Bagi TNI, apapun tugas yang menyangkut persoalan bangsa merupakan panggilan tugas pengabdian," ujarnya...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Peran dan tugas TNI adalah mendukung setiap program pemerintah dalam mempercepat pemerataan pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia, tegas Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

"Kepada para Perwira Tinggi yang naik pangkat untuk menuangkan pemikiran-pemikiran cerdas, inovatif dan produktif, terutama yang terkait dengan percepatan penguatan peran dan tugas pokok TNI untuk mendukung program pemerintah," kata Panglima TNI pada Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat 30 Perwira Tinggi TNI, bertempat di Ruang Hening Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin.

Panglima TNI mengatakan, saat ini pemerintah sedang melaksanakan berbagai program pembangunan infrastruktur sebagai agenda prioritas.

Proyek-proyek strategis nasional telah digulirkan, yang kesemuanya ditujukan untuk membangun bangsa dan negara, dengan tujuan akhir mencapai masyarakat Indonesia adil, makmur dan sejahtera, ucapnya.

"Kita (TNI) sebagai bagian dari subsistem nasional, harus ikut bekerja mendukung program-program pemerintah dalam percepatan pemerataan pembangunan nasional, disamping terlibat secara langsung mengatasi bangsa utamanya dalam menjaga stabilitas politik dan stabilitas keamanan," tutur mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini.

Selanjutnya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa kepercayaan rakyat kepada TNI akan semakin tinggi, bila TNI mampu membuktikan diri dapat membantu penyelesaian dan terlibat langsung dalam berbagai persoalan bangsa.

"Bagi TNI, apapun tugas yang menyangkut persoalan bangsa merupakan panggilan tugas pengabdian," ujarnya.

Di sisi lain Panglima TNI menuturkan bahwa sekecil apapun langkah dan tindakan prajurit, bila berhasil mewujudkan harapan pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keutuhan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara, sudah pasti kepercayaan rakyat kepada TNI tidak akan pernah surut.

"Kepercayaan itu harus kita (TNI) bangun dan jaga dengan baik, sebagaimana kesetiaan TNI dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan bahwa dalam rangkaian HUT Ke-72 TNI tahun 2017, Pimpinan TNI dan Kepala Staf Angkatan serta beberapa Panglima Kotamaops akan bersama-sama melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Dili di Timor Timur. Dan apabila masih ada waktu, akan menyempatkan diri ke Bakau.

"Melalui Athan RI di Timor Timur sudah dilakukan pembenahan dan perapihan sehingga bentuknya Makam Pahlawan bukan sekadar kuburan biasa. Ini penting untuk mengingatkan bahwa, prajurit-prajurit itu sudah mengorbankan jiwa dan raganya demi bangsa dan negara," ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Mengakhiri amanatnya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa kenaikan pangkat pada hakekatnya merupakan bentuk penghargaan dari pimpinan atas nama negara terhadap prestasi yang telah dicapai oleh seseorang, sehingga diharapkan akan dapat memotivasi perwira yang lain untuk meningkatkan kinerja sesuai bidang tugas masing-masing.

"Kenaikan pangkat sungguh menjadi kebanggaan, di sisi lain ada kandungan makna mendalam yakni tantangan tugas dan tanggung jawab yang lebih besar," ujarnya. (ANTARA)