Pemkab Lampung Tengah Bangun Jalan Kecamatan Seputihagung

id Pembangunan Jalan di Lampung Tengah, Pengaspalan Jalan Seputihaagung, Jalan Lampung Tengah, Bupati Mustafa, Mustafa

Pemkab Lampung Tengah Bangun Jalan Kecamatan Seputihagung

Bupati Lampung Tengah Mustafa mengecek pembangunan dan pengaspalan jalan di Kecamatan Seputihagung. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Lampung Tengah (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah terus berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur dengan membangun 15 kilometer jalan kabupaten di Kecamatan Seputuhagung dan mulai dihotmix.

Bupati Lampung Tengah Mustafa, di Gunung Sugih, dalam penjelasan tertulis diterima di Bandarlampung, Minggu (3/9), mengatakan Pemkab Lampung Tengah telah menganggarkan Rp5 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Seputihagung.

Pembangunan jalan itu berupa lima titik jalan penghubung antarkampung atau kecamatan.

"Upaya pembangunan infrastruktur jalan terus kami lakukan. Jalan kampung yang telah dibangun mencapai 704,62 kilometer. Jalan rigid Punggur-Majapahit sepanjang 10,47 kilometer dan Insya Allah selesai tahun ini," katanya pula.

Pembangunan jalan di Kecamatan Seputihagung ada lima titik, yakni jalan yang menghubungkan Kampung Donoarum-Gayau Sakti, dan Kampung Mujirahayu. Kemudian jalan penghubung Kampung Donoarum, Fajar Asri dan Sulusuban, jalan Kampung Donoarum hingga Kampung Endangrejo, jalan Kampung Endangrejo menuju Kampung Fajarasri, dan Jalan penghubung Kampung Sulusuban dengan Kampung Harapan Rejo.

Camat Seputuhagung Sariman mengatakan berdasarkan program Pemkab Lampung Tengah dipimpin Bupati Dr Ir Mustafa akan terus melakukan pembangunan di bidang infrastruktur terutama jalan.

Sariman menjelaskan, sebelumnya kondisi jalan tersebut rusak cukup parah. Banyak lubang di mana-mana. Namun berkat perhatian pemerintah, jalan utama penghubung kampung-kampung di Seputihagung bisa segera dibangun. "Alhamdulillah berkat perhatian dari pak Bupati, kecamatan kami mendapatkan pembangunan jalan yang berstatus jalan milik pemerintah kabupaten," ujarnya pula.

Pembangunan jalan hotmix itu ditargetkan hingga akhir tahun anggaran 2017 ini. Beberapa titik sudah mulai dilakukan, bahkan sudah jadi. Namun ada juga yang masih dalam proses pembangunan.

Selain membangun jalan kabupaten, Kecamatan Seputihagung juga telah membangun jalan-jalan kampung sepanjang 16,54 meter jalan lapen dan 11,06 meter jalan onderlah yang menggunakan anggaran dana kampung.

Sariman menegaskan, pembangunan ini untuk peningkatan pembangunan di tingkat kampung yang sangat diharapkan oleh masyarakat setempat.

Menurutnya, masyarakat sangat mendambakan jalan yang bagus dan mulus, mengingat masyarakat Seputih Agung mayoritas adalah petani, sehingga jika jalannya sudah bagus maka mereka akan lebih mudah saat membawa hasil pertanian ke kota serta mempermudah mobilisasi masyarakat.

"Jarak kecamatan kami ke ibu kota kabupaten cukup jauh, sehingga saat jalan sudah mulus maka mobilitas kami pastinya akan menjadi lancar," katanya pula.

Pemkab Lampung Tengah juga menjalin kerja sama dengan Kementerian Keuangan. Pemkab telah mengajukan rencana perbaikan untuk 47 ruas jalan dan satu jembatan yang kemungkinan akan direalisasikan tahun depan.

Pembangunan infrastruktur jalan disambut baik oleh warga. Edi, warga Kampung Donoarum, Kecamatan Seputihagung mengatakan sangat berterima kasih atas pembangunan jalan di Kampung Donoarum.

"Senang, karena sekarang jalan sudah mulai mulus, lubang-lubang juga mulai berkurang. Semoga semua jalan di Seputihagung dan Lampung Tengah mulus semua. Mudah-mudahan pembangunan jalan bisa dilakukan secara luas di seluruh wilayah Lampung Tengah," katanya pula.