AS dan Jepang tingkatkan tekanan kepada Korea Utara

id Korea Utara, Nuklir, rudal, misil, Korea Selatan

AS dan Jepang tingkatkan tekanan kepada Korea Utara

TV nasional Korea Utara mengeluarkan gambar uji coba peluncuran antar-benua. (Reuters)

Tokyo/Seoul (Antara/Reuters) -   Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah melakukan pembicaraan pada Selasa, dan kedua negara itu setuju untuk meningkatkan tekanan terhadap Korea Utara. 

Presiden Trump juga mengatakan bahwa AS "100 persen bersama Jepang", tambah Abe.
        
Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan mendesak diadakannya pertemuan Dewan Keamanan PBB untuk membahas uji coba tersebut, kata beberapa diplomat. Pertemuan 15 anggota dewan keamanan akan diselenggarakan kemudian pada Selasa, kata mereka.
        
Pada awal bulan ini, Dewan Keamanan PBB memberlakukan sanksi baru terhadap Korea Utara dalam menanggapi peluncuran dua peluru kendali jarak jauh Korut pada Juli.
        
Militer Korea Selatan mengatakan bahwa peluru kendali terkini diluncurkan dari dekat ibu kota Korea Utara, Pyongyang, tepat sebelum pukul 6 pagi waktu setempat (04.00 WIB) dan terbang sejauh 2.700 kilometer, dengan ketinggian maksimum sekitar 550 kilometer.
        
"Kami akan menanggapi dengan kuat berdasarkan atas persekutuan teguh kami dengan Amerika Serikat jika Korea Utara terus menghasut dengan kegiatan nuklir dan peluru kendalinya," kata Kementerian Luar Negeri Korea Selatan dalam pernyataan.

Antara/Rewuters
Aulia/B Soekapdjo