Semenangjung Korea makin panas, rudal Korut melintasi wilayah Jepang

id Korea Utara, Nuklir, rudal, misil, Korea Selatan

File/TV nasional Korea Utara mengeluarkan gambar uji coba peluncuran antar-benua. (Reuters)

Tokyo/Seoul (Antara/Reuters) - Korea Utara menembakkan peluru kendali, yang terbang di atas wilayah Jepang dan mendarat di perairan lepas pantai Hokkaido di utara pada Selasa, kata pejabat Korea Selatan dan Jepang, yang segera meningkatkan ketegangan di semenanjung Korea.
        
Percobaan tersebut, yang ahli katakan adalah peluru kendali Hwasong-12, terjadi ketika pasukan AS dan Korea Selatan melakukan pelatihan militer tahunan di semenanjung tersebut.
        
Pada awal bulan ini, Korut mengancam menembakkan empat peluru kendali Hwasong-12 ke perairan di dekat Guam, wilayah Pasifik AS, setelah Presiden AS Donald Trump memperingatkan Pyongyang bahwa mereka menghadapi "api kemarahan" jika berani mengancam Amerika Serikat.
        
Korea Utara melakukan puluhan uji peluru kendali balistik di bawah kepemimpinan Kim Jong-un, dengan yang terkini pada Sabtu, namun jarang melewati daratan utama Jepang.
        
"Tindakan gegabah Korea Utara adalah hal yang belum pernah terjadi sebelumnya, hal itu menjadi ancaman serius bagi bangsa kami," kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kepada wartawan.

Antara/Reuters
Aulia/B. Soekapdjo)
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar