"Manusia Dewa" hadapi sidang perkosaan, India bersiaga

id India, perkosaaan, manusia dewa India

"Manusia Dewa" hadapi sidang perkosaan, India bersiaga

Kepala sekte Dera Sacha Sauda, Gurmeet Ram Rahim Singh (HT/hindustantimes.com)

New Delhi (Antara/Reuters) - Kota di India utara memberlakukan jam malam dan memerintahkan ribuan pengikut seorang sosok, yang menampilkan dirinya sendiri sebagai "manusia dewa", pulang ke rumah saat dia diberangkatkan ke pengadilan pada Jumat untuk menghadapi putusan pengadilan pemerkosaan.
        
Langkah-langkah itu diambil karena ketakutan akan timbulnya kerusuhan massa.  
   
Gurmeet Ram Rahim Singh, kepala kelompok kesejahteraan sosial dan spiritual, memiliki pengikut, yang diklaimnya berjumlah jutaan orang. Banyak di antara mereka turun ke jalan sejak Kamis untuk memprotes ketidakbersalahannya.
        
Singh, pria berjanggut yan telah menulis naskah dan membintangi filmnya sendiri, dituduh memperkosa dua perempuan pengikutnya dalam sebuah kasus yang dimulai pada tahun 2002 di markas kelompok Dera Sacha Sauda-nya di kota Sirsa.
       
 Kota tersebut memerintahkan jam malam yang tidak terbatas untuk menghentikan pengikutnya berkumpul, namun ribuan orang telah pergi ke Panchkula, kota tempat pengadilan akan mengeluarkan keputusannya.
        
Singh dibawa dengan iring-iringan mobil dari markas besar Sirsa ke pengadilan di jalan raya yang sepi, dikawal ratusan polisi.
        
Ram Niwas, seorang pejabat senior pemerintah, mengatakan layanan internet ponsel juga telah diputus sementara di negara bagian Haryana dan Punjab guna  menghentikan penyebaran desas-desus dan menyebabkan kerusuhan. Para tentara disiagakan.
        
Pada 2014, percobaan penangkapan guru lain atas tuduhan pembunuhan diakhiri dengan para pengikutnya menyerang polisi dengan tongkat dan batu.
        
Singh membantah tuduhan pemerkosaan terhadapnya dan meminta pengikutnya melalui pesan video untuk tetap damai. "Kita semua harus menghormati hukum dan menjaga perdamaian," katanya.

Antara/Reuters
Devi/T. Mutiasari