Militer Taiwan siaga

id China, Laut China Selatan, Taiwan

Militer Taiwan siaga

Kapal frigat Taiwan (presstv.ir)

Beijing (Antara/Reuters) - Latihan yang berlangsung selama beberapa bulan terakhir ini sebagian besar berfokus pada penerbangan di dekat Taiwan yang diklaim oleh China sebagai bagian wilayahnya, dan di rantai kepulauan selatan Jepang di sebelah utara Taiwan.
       
Militer Taiwan mengatakan pada awal bulan ini keadaan siaga tinggi setelah tiga hari latihan oleh Angkatan Udara China di dekat teritorialnya, demikian laporan Reuters, yang diterima Antara, Sabtu.
        
China semakin menegaskan dirinya dalam sengketa teritorial di Laut China Selatan dan Timur. Latihan ini atas kekhawatiran akan Taiwan, yang ditakutkan oleh pemerintah China mereka akan memerdekakan diri.
        
Beijing tidak pernah mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan yang berpendirian demokratis di bawah kendalinya, dan telah memperingatkan bahwa setiap langkah menuju kemerdekaan formal dapat memicu sebuah respon bersenjata.
        
China berada di tengah program modernisasi militer yang ambisius, termasuk membangun kapal induk dan mengembangkan jet tempur siluman untuk memberikan kemampuan proyeksi kekuatan jarak jauh dari daratannya.
        
Taiwan dipersenjatai dengan persenjataan Amerika Serikat, namun mereka menekan Washington untuk menjual peralatan berteknologi tinggi demi menggentarkan China.

Antara/Reuters
Roy/M. Anthoni