Pendidik Lamteng terima tunjangan sertifikasi

id lampung tengah

  Pendidik Lamteng terima tunjangan sertifikasi

Bupati Lamteng Mustafa menyerahkan tunjangan sertifikasi guru. (ANTARA Lampung/Dok.Humas Lamteng)

     
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Sebanyak 5.060 tenaga pendidik dan pengawas di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung bakal menerima tunjangan sertifikasi guru (TPG) triwulan kedua 2017 pada bulan ini.
     
“In Sya Allah tunjangan sertifikasi guru dan pengawas telah cair Senin lalu, 2(1/8). Dan didistribusikan secara bertahap ke para guru, kepsek dan pengawas mulai Kamis hari ini," kata Plt. Kepala Dinas Pendidikan Lampung Tengah, A. Helmi, dalam keterangan diterima di Bandarlampung, Kamis.
     
Sebelumnya TPG triwulan pertama tahun 2017 telah cair di bulan Januari, Februari dan Maret. Mereka terdiri atas guru pendidikan anak usia dini (Paud) atau TK, guru sekolah dasar (SD) dan guru sekolah menengah pertama (SMP).
      
Menurutnya Kabupaten Lampung Tengah selalu mengupayakan pembayaran TPG dengan cepat, tidak ditunda-tunda. Dia menjelaskan, guru di kabupaten tersebut yang mendapatkan TPG berjumlah 4.885 guru dan 175 pengawas.
     
Untuk jumlah kucuran dana membayar TPG tersebut mencapai Rp53 miliar. Rincian dana tersebut, 88 guru TK, guru SD 3.468 orang dan guru SMP 1.329 orang. Selain guru pengawas juga akan menerima tunjangan sertifikasi total 175 orang.
     
Sementara itu, Bupati Lampung Tengah  Mustafa berharap pemberian insentif atau sertifikasi dari pemerintah dapat diimbangi dengan peningkatan kinerja guru. Tak hanya sekedar mengajar, guru diharapkan mampu mendidik siswa menjadi pribadi yang berkarakter, berkualitas dan berprestasi.
      
"Dalam mengajar, guru harus punya output atau target yang harus dicapai. Jangan sampai nantinya kita hanya berbicara kuantitas, tetapi juga kualitas. Tak hanya menghasilkan banyak lulusan, tetapi bagaimana siswa tersebut mempunyai nilai dan daya saing," kata dia.