AS tambah tentara ke Afghanistan, Trump tak akan kalah

id Perang Afghanistan dan Taliban, Pakistan, AS

AS tambah tentara ke Afghanistan, Trump tak akan kalah

Prajurit AS berpatroli dekat lokasi di mana "induk semua bom" dijatuhkan di kawasan Achin ProvinsiNangarhar, Afghanistan. (AFP/Getty Images)

Washington (Antara/Reuters) -  James Dobbins, yang pernah menjabat sebagai perwakilan khusus Amerika Serikat di Afghanistan dan Pakistan dalam masa kepresidenan Barack Obama, menyebutkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump hanya pilihan " kalah" atau "tidak kalah".
          
"Trump akan kalah jika dia menarik pasukan, namun dia juga akan kalah jika berdiam diri," kata Dobbins yang menambahkan bahwa Trump "tidak akan kalah" dengan menambah tentara, sebagaimana dilaporkan Reuters yang diterima Antara, Selasa..
         
Tujuan utama strategi Trump adalah membantu pasukan Afghanistan memukul mundur Taliban dan menciptakan situasi imbang yang akan memaksa para pemimpin kelompok gerilyawan itu untuk berunding secara damai.
         
"Suatu hari, setelah semua upaya militer yang efektif, mungkin akan ada penyelesaian politik yang melibatkan sejumlah elemen Taliban," kata Trump.
         
Selain itu, penambahan tentara akan membuat "pemerintah Afghanistan punya waktu untuk menggalang dukungan dalam negeri, yang akan banyak membantu mereka dalam bernegosiasi dengan Taliban, kata Scott Worden, dari lembaga Institute for Peace.

Antara/Reuters
GM.N.Lintang/M. Dian A