Pasukan khusus Afghanistan tewaskan 48 gerilyawan

id Afghanistan, Perang Pakistan dan Afghanistan, Taliban

Pasukan khusus Afghanistan tewaskan 48 gerilyawan

Tentara Afghanistan terlihat di Provinsi Baghlan. (AFP/presstv.ir)

Kabul, Afghanistan (Antara/Xinhua-OANA) - Sebanyak 48 gerilyawan tewas selama operasi yang dilancarkan oleh pasukan Afghanistan di dua provinsi bergolak, kata pemerintah pada Senin.
        
Dalam satu operasi, satu unit Pasukan Khusus Afghanistan melancarkan serangan terhadap Taliban di Daerah Jannat Bagh di Kabupaten Aqtash di Provinsi Kunduz, Afghanistan Utara, Ahad malam (20/8), kata juru bicara polisi provinsi.
        
"Operasi pencarian dan penutupan membuat 36 anggota Taliban tewas dan 10 lagi cedera," kata Juru Bicara Inamuddin Rahmani di dalam satu pernyataan.
        
Di antara mereka yang tewas terdapat enam komandan lokal Taliban dan pasukan keamanan juga menjinakkan 20 ranjau darat serta peledak rakitan (IED) selain menyita sepeda motor gerilyawan dan bom mortir, kata Rahmani.
        
"Setelah serangan tersebut, Desa Jannat Bagh dan daerah yang berdampingan, Behsos, dibersihkan dari gerilyawan," kata Rahmani.
        
Namun, seorang warga mengatakan kepada Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin petang-- tiga warga sipil cedera selama bentrokan di Desa Behsos dan beberapa rumah juga rusak akibat pertempuran itu.
        
Aqtash, unit administrasi yang baru dibentuk dengan sebanyak 50 desa, berada di bagian timur-laut Ibu Kota Provinsi tersebut, Kunduz.
        
Di tempat lain di Kabupaten Zanjan di Provinsi Ghazni, Afghanistan Timur, sebanyak 12 gerilyawan tewas dan tiga lagi cedera dalam operasi Pasukan Khusus Afghanistan pada Ahad malam, kata Juru Bicara Tentara Nasional di daerah itu Hanif Rezaye kepada Xinhua.
        
Tak ada korban jiwa di pihak pasukan keamanan selama operasi tersebut, kata Rezaye.
         
Faksi Taliban belum mengeluarkan komentar mengenai peristiwa tersebut.

Antara/Xinhua-OANA
Chaidar