Jemaat sambut Pendeta Lim dengan bunga

id Korea Korea Utara bebaskan pastor Kanada

Jemaat sambut Pendeta Lim dengan bunga

Pastor Kanada Hyeon Soo Lim saat menjalani persidangan di Pyongyang Korea Utara pada Desember 2015/file. (Reuters/KCNA)

Toronto (Antara/Reuters) - Jemaat di Gereja Light Presbyterian, salah satu rumah ibadah terbesar di Kanada, menyambut Pastor Kanada Hyeon Soo-lim yang ditahan di penjara Korea Utara lebih dari 2,5 tahun, dengan bunga, pelukan dan tepuk tangan meriah.
        
"Pembebasan Pendeta Lim adalah sebuah keajaiban, berkat Tuhan," kata pendiri gereja Chai Hoon-park, yang merekrut Lim pada tahun 1985. 

"Dia melarikan diri dari lubang api," tambahnya.
        
Lim duduk di depan aula sambil menggendong cucunya berusia 1 tahun, yang terlahir saat dia berada di penjara. Dia tampak gembira, berterima kasih kepada jemaahnya dan pemerintah Kanada atas dukungan mereka.
        
Menurut Lim, selama tahun pertamanya di penjara, Lim tidak memiliki Alkitab, jadi dia membaca lebih dari 100 buku dan menyaksikan lebih dari 300 film, semuanya tentang Korut.
        
Dia kemudian menerima Alkitab Korea dan Inggris, yang dia baca lima kali dan menghafal lebih dari 700 ayat karena dia tidak diizinkan untuk menulis.
        
Dia merasa senang berada di gereja rumahnya setelah beribadah sendirian pada 130 minggu, meskipun dia bersyukur untuk waktu yang lama menyepi dengan Tuhan.
        
"Tuhan memberi saya kemampuan untuk membayangkan," katanya. "Bila Anda tidak menonton televisi atau membaca koran, ada banyak waktu untuk-Nya," tutup Lim.

Antara/Reuters
Devi/M Anthoni