Mahasiswa Teliti Pengaruh Penyuluhan Imunisasi ke Ibu

id mahasiswa umitra lampung

Kampus Umitra Lampung (prodi-kp-umitra.blogspot.com)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Rita Zulfadilah, mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Umitra Lampung melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang pemberian imunisasi dasar lengkap pada Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Korpri, Bandarlampung.

Menurut Rita di Bandarlampung, Sabtu (12/8), salah satu upaya dalam meningkatkan kesehatan adalah melakukan promosi kesehatan dengan menyampaikan pesan kesehatan.

Dengan adanya pesan tersebut maka masyarakat, kelompok atau individu dapat memperoleh pengetahuan tentang kesehatan yang lebih baik.

Dia menambahkan, imunisasi dalam sistem kesehatan nasional adalah salah satu bentuk intervensi kesehatan yang sangat efektif dalam upaya menurunkan angka kematian bayi dan balita.

Ia menjelaskan, dasar utama pelayanan kesehatan bidang preventif merupakan prioritas utama.

Karena itu, Rita melakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang pemberian imunisasi dasar lengkap pada Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Korpri, Bandarlampung, tahun 2017.

Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan pendekatan pre-eksperimental dalam bentuk "One-Grup Pretest-Postest Design".

Rita menyebutkan, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki bayi usia 9-12 bulan dan tercatat sejak April 2016 sampai April 2017, yaitu sebanyak 63 ibu. Sedangkan sampel sebanyak 48 ibu dan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling.

"Berdasarkan uji statistik, Uji T berpasangan didapatkan p-value 0,000 atau p-value kurang dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang pemberian imunisasi dasar lengkap pada Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Korpri Bandarlampung tahun 2017," katanya.

Berdasarkan penelitian Rita yang juga dibimbing oleh dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat STIkes Umitra ini diharapkan kepada petugas kesehatan agar meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan cara selalu aktif dalam memberikan penyuluhan kesehatan tentang imunisasi khususnya kepada ibu yang tidak mengetahui tentang imunisasi.

Upaya itu diharapkan mendorong adanya pengetahuan dan sikap ibu akan selalu baik dan dapat memberikan imunisasi dasar lengkap pada bayinya, katanya.


(ANTARA)
 
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar