Selasa, 24 Oktober 2017

TNI gelar pelatihan intel teritorial

id TNI, pelatihan satuan intelijen teritorial TNI
TNI gelar pelatihan intel teritorial
Prajurit TNI/file (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Medan (Antara Lampung) - Mabes TNI menggelar "Mobile Training Team Intel Teritorial Bais TNI TA 2017" dalam rangka deteksi dan cegah dini atas setiap ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
        
"Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pendalaman dan pemahaman tentang tugas serta tanggungjawab aparat Intelijen dan aparat Teritorial dalam menyikapi perkembangan situasi yang semakin dinamis," kata Pangdam I/BB Mayjen Cucu Somantri, dalam sambutannya dibacakan Kasdam I/BB Brigjen Tiopan Aritonang, di Medan, Rabu.
          
Hal tersebut dikatakan Pangdam ketika membuka latihan Mobile Training Team (MTT) Intel Teritorial (Intelter) BAIS TNI TA 2017.
          
Pangdam mengatakan, salah satu potensi ancaman bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara antara lain gerakan yang ditimbulkan oleh kelompok radikal.
          
Diharapkan dengan adanya kegiatan Mobile Training Team (MTT) Intel Teritorial (Intelter) Bais TNI ini dapat meningkatkan kemampuan aparat Intelijen dan aparat Teritorial TNI dalam mendeteksi berbagai bentuk perkembangan yang ada di wilayah.    
     
Pada kesempatan yang sama, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, dalam sambutannya dibacakan Dansatinteltek BAIS TNI, Brigjen TNI Hendrawan, mengatakan, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Mobile Training Team (MTT) Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Mabes TNI.
          
Kegiatan MTT ini, menurut dia, mengandung makna, bahwa sangat diperlukan kembali Intelijen Community dan diimplementasikan dalam koordinasi yang nyata di lapangan, keterbukaan informasi dari satuan paling bawah sampai satuan yang tertinggi.     
     
"Pimpinan TNI memiliki komitmen yang kuat dalam rangka mewujudkan interoperabilitas satuan TNI dan pihak lain yang berkaitan kegiatan ini, termasuk yang berhubungan dengan tugas-tugas Intelijen dan Teritorial," ucapnya.
          
Ia mengatakan, kemauan keras tersebut merupakan modalitas yang sangat besar dan perlu dimanfaatkan seperti halnya penyelenggaraan MTT.
          
"Membuktikan bahwa komunitas Intelijen dan Teritorial TNI mengambil peluang dan tantangan dalam rangka penguatan, peningkatan kemampuan Intelijen, serta Teritorial secara optimal dimasa yang akan datang," kata Mayjen TNI Benny Indra.
         
Jumlah peserta penataran MTT ini, sebanyak 100 orang terdiri dari unsur TNI-AD, TNI-AL dan TNI-AU.

ANTARA

Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0092 seconds memory usage: 0.46 MB